Utsman bin Affan: si Kaya yang Pemalu dan Berhati Lembut

Rabu, 25 September 2024 - 09:44 WIB
loading...
Utsman bin Affan: si...
Ketika dibaiat sebagai khalifah, Utsman bin Affan berusia hampir mencapai 70 tahun. Ilustrasi: Ist
A A A
Utsman bin Affan adalah khalifah ketiga yang berkuasa pada tahun 644 sampai 656 dan merupakan Khulafaur Rasyidin dengan masa kekuasaan terlama. Beliau termasuk salah satu sahabat utama Nabi Muhammad SAW . Lalu, seperti apa perawakan dan sifat menantu Nabi Muhammad SAW ini?

Muhammad Husain Haekal dalam bukunya yang diterjemahkan dari bahasa Arab oleh Ali Audah berjudul "Usman bin Affan, Antara Kekhalifahan dengan Kerajaan" (Pustaka Litera AntarNusa, 1987) mendeskripsikan perawakan Utsman bin Affan lumayan lengkap: berperawakan sedang, tidak tinggi dan tidak pendek, wajahnya tampan, berkulit cerah dengan warna sawo matang dan terdapat sedikit bekas cacar.

Janggutnya lebat dengan tulang-tulang persendian yang besar dan kedua bahunya yang bidang. Kepala botak setelah sebelumnya berambut lebat. Giginya dilapisi emas dan cincin di jari kirinya.

Ia selalu mengenakan pakaian yang bagus-bagus dan baju bermutu tinggi, karena dia memang orang kaya, hidupnya serba nyaman.



Pemalu

Ketika dibaiat sebagai khalifah , Utsman berusia hampir mencapai 70 tahun.

Dia sangat pemalu. Dalam sebuah hadis disebutkan, bahwa RasulullahSAW berkata: "Umatku yang benar-benar pemalu adalah Usman."

Rasa malunya bertambah pada waktu ia dilihat orang. Salah seorang pembantu istrinya bernama Bananah, kalau ia datang membawakan bajunya, ketika ia sedang mandi, ia berkata: "Jangan melihat kepada saya, tidak boleh."

Sifat pemalunya itu membuat orang lain juga jadi malu kepadanya.

Bersumber dari Aisyah Ummulmukminin disebutkan, bahwa ketika Rasulullah sedang duduk-duduk dan pahanya terbuka, Abu Bakar meminta izin akan masuk diizinkan tanpa mengubah posisinya, ketika Umar datang meminta izin ia juga diizinkan tanpa mengubah posisinya.

Akan tetapi ketika Utsman meminta izin ia menurunkan pakaiannya. Sesudah mereka pergi Aisyah berkata: "Rasulullah, Anda mengizinkan Abu Bakar dan Umar bin Khattab masuk dengan keadaan Anda tetap begitu, tetapi sesudah Utsman yang meminta izin Anda menurunkan pakaian Anda."



Kata Rasulullah kepada Aisyah: "Aisyah, kita malu bukan kepada seseorang, yang malaikat sendiri pun malu kepadanya," atau ia berkata: "Tidakkah saya malu kepada orang, yang juga malaikat pun malu kepadanya."

Dalam sebuah sumber disebutkan bahwa Aisyah berkata: "Rasulullah, mengapa saya tidak melihat kepedulian Anda kepada Abu Bakar dan Umar seperti kepada Utsman?"

Dijawab oleh Rasulullah: "Utsman orang yang sangat pemalu. Saya khawatir kalau saya mengizinkannya dalam keadaan begitu ia tidak dapat mengutarakan maksudnya."

Karena perasaan malu itu Utsman takut berbicara.

Ibn Sa'd dalam at­Tabaqat mengutip kata-kata salah seorang dari mereka: "Dari antara sahabat Rasulullah tak seorang pun yang pernah saya lihat bicaranya lebih sempurna dan lebih baik daripada Utsman.

Hanya saja ia takut berbicara, dan karena takutnya berbicara ia segan berdialog dan berdebat berpanjang-panjang. Kalau dia sudah mengambil keputusan ia gigih dan tidak mudah menyerah.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)