6 Fakta Menarik tentang Lebanon, Negara Asal Berdiri Hizbullah

Rabu, 25 September 2024 - 16:21 WIB
loading...
6 Fakta Menarik tentang...
Lebanon adalah negara terkecil di Benua Asia, negara ini dijuluki sebagai Swissterland-nya Timur Tengah. Foto ilustrasi/wikipedia
A A A
Lebanon adalah negara yang terletak di timur dimana pada bagian timur dan utara dibatasi oleh Syria dan pada bagian selatan serta lautan Mediterania. Sejak Hizbullah melakukan aksi serangan balik mereka, Lebanon menjadi salah satu negara yang sedang disoroti oleh dunia. Selain dari konflik baru-baru ini, adapun fakta menarik mengenai Lebanon.

6 Fakta Menarik Tentang Lebanon

1. Lebanon adalah Negara Terkecil di Benua Asia

Ukuran negara Lebanon memiliki ukuran yang sangat kecil dibandingkan oleh negara tetangga mereka hanya dengan ukuran 10,452 Km2. Dibandingkan oleh Syria, Syria berukuran 18 kali lebih besar dibandingkan oleh Lebanon. Menariknya lagi, Israel memiliki ukuran 2 kali lipat dibandingkan Lebanon tetapi Israel sendiri masih memiliki tantangan untuk menandingi Lebanon.

2. Memiliki Kota Penghuni Terlama di Dunia

Selain dari ukuran negara yang terkecil di Benua Asia, Lebanon pun memiliki Kota Penghuni terlama di seluruh dunia. Byblos adalah kota yang terletak pada daerah kekuasaan Keserwan-Jbeil Lebanon. Para peneliti percaya bahwa pada sekitar tahun 8000 SM dan 7000 SM Kota Byblos telah dihuni oleh keturunan Lebanon. Bukti dari kehidupan warga Byblos sejak 5000 SM ditemukan dari bentuk gubuk prasejarah dimana lantai batu kapur gubuk tersebut hancur. Selain dari gubuk, ditemukan juga senjata primitif dan toples pemakaman dari komunitas neolitik dan kalkolitik yang tinggal di pesisir mediterania.

3. Mendapatkan Julukan Switzerland of The Middle East

Sebelum perang saudara yang terjadi di Lebanon, dunia internasional menganggap Lebanon sebagai “Switzerland of The East”. Hal ini dikarenakan Lebanon pada saat itu memiliki aturan kerahasiaan perbankan yang sangat ketat. Sayangnya sejak akhir perang saudara pada tahun 1990 dan krisis moneter lebanon pada tahun 2008. Perekonomian Lebanon semakin hancur dengan hutang Lebanon yang semakin tinggi untuk menanggulangi peristiwa krisis tersebut. Gelar “Switzerland of The Middle East” akhirnya ditarik.

4. Taklukannya Alexander The Great

Sebelum berdirinya Lebanon, Alexander The Great pernah menaklukan wilayah tersebut. Alexander III of Macedon atau Alexander The Great adalah raja Yunani yang berasal dari kerajaan Macedonia. Alasan mengapa Alexander The Great ingin menaklukan wilayah tersebut karena beliau ingin mempersembahkan korban kepada Heracles (dewa mitologi yunani) di Tyre.

Pada saat itu, rakyat Tyre melihat aksi Alexander sebagai invasi sehingga mereka menolak tetapi membolehkan berkorban di Tyre Lama. Alexander berusaha menegosiasi tetapi tidak berhasil sehingga hanya ada satu cara untuk memberhasilkan tujuan beliau yaitu melakukan perang terhadap rakyat Tyre. Pada akhirnya Alexander berhasil menaklukan Tyre yang pada saat itu belum menjadi Lebanon.

5. Nama Negara Lebanon Berasal dari Gunung

Nama dari negara Lebanon sebenarnya mengambil nama negara mereka dari Gunung Lebanon. Jarak gunung lebanon sendiri berukuran 170 KM dengan rata rata ketinggian 2800 M. Titik tertinggi dari gunung tersebut sekitar 3088 M. Gunung Lebanon memiliki salju yang menyelimuti pegunungan dan menjadi salah satu pohon khas negara Lebanon yaitu Cedrus Libani atau Cedar Lebanon. Alasan mengapa Lebanon mengambil nama negara mereka dari pegunungan Lebanon disebabkan bahwa para lokal diberikan perlindungan, sumber daya alam, serta menjadi tempat bertahan hidup mereka dari zaman Tyre hingga sekarang.

6. Tempat Berdirinya Hizbullah

Lebanon juga menjadi tempat berdirinya kelompok partai politik bernama Hizbullah. Hizbullah atau dalam bahasa partai tuhan adalah partai politik yang didirikan oleh Sayyid Muhammad Husayn Fadlallah terletak pada Bekaa Valley, Lebanon. Partai tersebut memiliki tujuan untuk melakukan perlawanan baik dari diplomasi maupun persenjataan terhadap Israel. Hizbullah sendiri memiliki kekuatan militer untuk menanggulangi serangan yang diberikan oleh Israel. Selain itu, Hizbullah juga mendapatkan bantuan dari Iran dalam tugasnya untuk melawan Israel.

Lebanon adalah negara kecil yang terletak di perbatasan Syria dengan Israel yang memiliki berbagai fakta menarik yang dimilikinya. Lebanon bukan hanya dikenal karena sejarah panjang atau konflik politik antar negara tetangganya, tetapi juga warisan budaya mereka yang kaya dan kekayaan alamnya. Meskipun menghadapi berbagai konflik dan krisis, negara kecil di Timur Tengah ini tetap menjadi sorotan dunia dengan keunikan dan peran pentingnya dalam sejarah kawasan tersebut. (MG/ Raffirabbani Panatamahdi Adizaputra)

Baca juga: 3 Resiko Timur Tengah jika Perang Hizbullah vs Israel Meluas
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)