Sebaik-baik Puasa Setelah Ramadhan Adalah Puasa di Bulan Muharram

loading...
Sebaik-baik Puasa Setelah Ramadhan Adalah Puasa di Bulan Muharram
Umat Islam diperintahkan agar mengisi bulan Muharram dengan amal-amal saleh dan menjauhkan diri dari segala perbuatan tercela. Foto/Istimewa
Hari ini kita berada di malam 'Asyura (10 Muharram) 1442 Hijriyah. Bulan yang dimuliakan Allah Ta'ala dengan berbagai keutamaan dan kemuliaan. Saking mulianya hari 'Asyura, Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya untuk berpuasa. (Baca Juga: Besok Puasa Tasu'a dan Sabtu Puasa 'Asyura, Ini Lafaz Niatnya)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ (رواه مسلم)

Dari Abu Hurairah RA ia berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah Al-Muharram. Dan sebaik-baik salat setelah salat Fardhu, adalah salat malam." (HR. Muslim, Hadits No. 1982)

(Baca Juga: Bawaslu Temukan 1.098 Pelanggaran Pilkada 2020)

Ustaz Rikza Maulan, Dai yang juga Dewan Dewan Pengawas Syariah Rumah Zakat menyebutkan ada 4 keutamaan bulan Muharram, di antaranya:



1). Bulan Muharram merupakan satu di antara bulan-bulan yang haram (Asyuhurul Hurum) yaitu bulan-bulan yang dimuliakan dan disucikan. Karena di bulan tersebut berbagai bentuk perbuatan yang terlarang semakin ditekankan pelarangannya, seperti berperang, mengambil hak orang lain, mencederai kehormatan orang lain dan sebaginya. Dalam riwayat disebutkan, bahwa Nabi SAW bersabda: "Sesungguhnya zaman itu berputar sebagaimana bentuknya semula di waktu Allah menciptakan langit dan bumi. Setahun itu ada dua belas bulan diantaranya terdapat empat bulan yang dihormati, 3 bulan berturut-turut Dzulqa'dah, Dzulhijjah dan Muharram serta satu bulan yang terpisah yaitu Rajab Mudhar, yang terdapat diantara bulan Jumada Akhir dan Sya’ban.” (HR. Muslim)

2). Bulan Muharram merupakan bulan yang secara penamaannya dinisbatkan kepada Allah Ta'ala sebagaimana digambarkan dalam hadis di atas, Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah Al-Muharram..." (HR. Muslim)

(Baca Juga: Buru Kelompok Bersenjata di Yahukimo, Satgas TNI Polri Sita Puluhan Panah-Sajam)

3). Bulan Muharram, khususnya pada hari 10 Muharram merupakan hari dimana Allah Swt menyelamatkan dari Bani Israil dari musuhnya, sehingga Nabi Musa AS berpuasa pada hari tersebut. Dalam riwayat disebutkan, "Ketika Rasulullah SAW tiba di Madinah, beliau melihat orang Yahudi berpuasa pada hari 'Asyura, maka Beliau bertanya: "Hari apa ini? Mereka menjawab, 'Ini adalah hari istimewa, karena pada hari ini Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuhnya, Karena itu Nabi Musa berpuasa pada hari ini. Maka Rasulullah SAW bersabda: "Aku lebih berhak terhadap Musa daripada kalian". Maka beliau berpuasa dan memerintahkan sahabatnya untuk berpuasa di tahun yang akan datang." (HR. Muslim)

4). Bulan Muharram merupakan bulan dimana kaum muslimin melaksnakan puasa sebelum diwajibkannya puasa Ramadhan, sebagaimana disebutkan dalam riwayat Abdullah bin Umar RA. Kaum Jahiliyah dulu berpuasa 'Asyura dan Rasulullah SAW serta kaum muslimin juga berpuasa sebelum diwajibkan puasa Ramadhan". (HR. Muslim)



(Baca Juga: Novel Baswedan Terpapar Covid-19, Ketua RT: Kita Belum Tahu)

Karena itu, di bulan Muharram ini anjuran untuk melakukan amal saleh sangat ditekankan dan sebaliknya perbuatan terlarang sangat ditekankan. Karena pahala amal saleh akan dilipatgandakan, sementara dosa dari perbuatan nista juga akan berlipatganda pula. (Baca Juga: Hadis-hadis Keutamaan Berpuasa di Hari 'Asyura)

Bagi yang ingin menunaikan Puasa 'Asyura besok hari, berikut lafaz niatnya:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَاشُوْرَاءَ سُنَّةً لِلهِ تَعَالى

Nawaitu Shouma 'Aasyuuro Sunnatan Lillahi Ta'ala

"Aku niat berpuasa 'Asyura (hari ke-10 bulan Muharam) sunnah karena Allah Ta'ala".

(Baca Juga: Pandemi Covid-19, Proyek Pembangunan Trotoar di Jakarta Baru 15%)

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
cover top ayah
يَوۡمَ نَـطۡوِىۡ السَّمَآءَ كَطَـىِّ السِّجِلِّ لِلۡكُتُبِ‌ ؕ كَمَا بَدَاۡنَاۤ اَوَّلَ خَلۡقٍ نُّعِيۡدُهٗ‌ ؕ وَعۡدًا عَلَيۡنَا‌ ؕ اِنَّا كُنَّا فٰعِلِيۡنَ
Ingatlah pada hari langit Kami gulung seperti menggulung lembaran-lembaran kertas. Sebagaimana Kami telah memulai penciptaan pertama, begitulah Kami akan mengulanginya lagi. Suatu janji yang pasti Kami tepati, sungguh, Kami akan melaksanakannya.

(QS. Al-Anbiya:104)
cover bottom ayah
preload video