Besok Puasa Tasu'a dan Sabtu Puasa 'Asyura, Ini Lafaz Niatnya

Kamis, 27 Agustus 2020 - 16:18 WIB
loading...
Besok Puasa Tasua dan Sabtu Puasa Asyura, Ini Lafaz Niatnya
Umat Islam dianjurkan berpuasa pada hari 9 dan 10 Muharram (Tasua dan Asyura) sebagaimana perintah Rasulullah SAW. Foto ilustrasi/dok Nada313.com
A A A
Alhamdulillah kita masih diberi waktu dan nikmat sehat di bulan Muharram , bulan yang diagungkan Allah Ta'ala. Besok Jumat dan Sabtu adalah hari istimewa bertepatan 9-10 Muharram (28-29 Agustus 2020). Umat Islam dianjurkan berpuasa sebagaimana diperintahkan oleh Rasulullah SAW . (Baca juga : Ada Vaksin Gratis, BPJS Kesehatan Nyatakan Datanya Sudah Siap )

Nabi SAW berpesan dalam hadis yang diriwayatkan Ibnu 'Abbas: " Berpuasalah kalian pada hari 'Asyura dan selisihilah orang-orang Yahudi. Berpuasalah sebelumnya (Tasu'a) atau berpuasalah setelahnya satu hari." (HR Ahmad, HR Al-Baihaqi). ( )

Adapun fadhillah melaksanakan puasa 'Asyura adalah menggugurkan dosa selama setahun lalu. "Dari Abu Qatadah Al-Anshari RA, Rasulullah SAW ditanya tentang puasa hari 'Asyura , maka beliau bersabda: "Puasa 'Asyura dapat menghapuskan dosa-dosa kecil setahun yang lalu". (HR Muslim) (Baca Juga : Hari Ini, Kawasan Wisata Gunung Bromo Dibuka Kembali )

Mengenai puasa Tasu'a (9 Muharram ) dilakukan sehari sebelum puasa 'Asyura untuk menyelisihi kaum Yahudi sebagaimana dianjurkan oleh Nabi. Dari Ibnu Abbas RA dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila (usia)-ku sampai tahun depan, maka aku akan berpuasa pada hari kesembilan". (HR Muslim). ( )

Niat Puasa Tasu'a dan 'Asyura

Niat Puasa Tasu'a (Hari ke-9 Muharram):
نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُوْعَاءَ سُنَّةً لِلهِ تَعَالى

Nawaitu Shouma Taasuu'aa Sunnatan Lillahi Ta'ala

"Saya niat berpuasa Tasu'a (hari kesembilan Muharam) sunnah karena Allah Ta'ala"

Niat Puasa Asyura (Hari ke-10 Muharram):
نَوَيْتُ صَوْمَ عَاشُوْرَاءَ سُنَّةً لِلهِ تَعَالى

Nawaitu Shouma 'Aasyuuro Sunnatan Lillahi Ta'ala

"Saya niat berpuasa 'Asyuro (hari kesepuluh Muharam) sunnah karena Allah Ta'ala".

( )

Selamat Berpuasa
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2110 seconds (0.1#10.140)