Dajjal Tak Berkuasa Bagi Orang yang Istiqamah Membaca Surah Al-Kahfi

loading...
Dajjal Tak Berkuasa Bagi Orang yang Istiqamah Membaca Surah Al-Kahfi
Umat Islam dianjurkan membaca Surah Al-Kahfi pada malam dan hari Jumat. Salah satu fadhillahnya dapat melindungi diri dari fitnah Dajjal. Foto/dok SINDOnews
Dalam banyak riwayat, Rasulullah SAW telah mengingatkan kita akan kemunculan fitnah Dajjal di akhir zaman. Dajjal merupakan fitnah terbesar dalam sejarah kehidupan manusia. Sampai-sampai, setiap Nabi yang diutus selalu mengingatkan kejahatan dan fitnah Dajjal ini.

Dajjal digambarkan sebagai seorang pembohong besar yang sebelah matanya buta dan di keningnya tertulis huruf kaf fa’ dan ra’ (ك ف ر) alias kafir. Kemunculannya menjadi salah satu pertanda kiamat sudah sangat dekat. (Baca Juga: 7 Pengikut Dajjal di Akhir Zaman, Diantaranya Pemuda yang Fasih Baca Alquran )

Dalam buku "Misteri Dajjal" karya Wiyanto Suud (alumnus Ponpes Modern Darussalam Gontor) diuraikan bahwa dinamakan Dajjal karena ia menutup kebenaran dengan kebatilan. Ia menutupi kekafirannya terhadap orang lain dengan kebohongan, kepalsuan, dan penipuan. Ada juga yang mengatakan karena ia menutupi bumi dengan kelompok atau pengikut-pengikutnya.

(Baca Juga: Ini Empat Provinsi Penyumbang 56% Kasus Covid di Indonesia )

Bagaimana cara agar terlindung dari fitnah Dajjal ? Sebenarnya banyak amalan yang diajarkan Rasululah SAW agar kita selamat dari fitnah Dajjal. Selain memperbanyak doa dan meneguhkan iman, Nabi SAW menganjurkan umatnya agar istiqamah membaca Surah Al-Kahfi . Surah Al-Kahfi menjadi salah satu perisai terhadap kejahatan Dajjal. (Baca Juga: Kisah Kelahiran Dajjal dan Masa Kecil yang Mengerikan )

Dari Abu Sa'id Al Khudri, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) bersabda:

‎من قرأ سورة الكهف كما أنزلت ، كانت له نورا يوم القيامة من مقامه إلى مكة ، ومن قرأ عشر آيات من آخرها ثم خرج الدجال لم يسلط عليه ، ومن توضأ ثم قال : سبحانك اللهم وبحمدك لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك كتب في رق ، ثم طبع بطابع فلم يكسر إلى يوم القيامة

"Barangsiapa membaca Surat Al-Kahfi sebagaimana diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya dari tempat ia berdiri hingga Mekkah. Barangsiapa membaca 10 akhir ayatnya, kemudian keluar Dajjal , maka ia tidak akan dikuasai. Barangsiapa yang berwudhu, lalu ia ucapkan: 'Subhanakallahumma wa bi hamdika laa ilaha illa Anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik' (Maha suci Engkau Ya Allah, segala pujian untuk-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku senantiasa memohon ampun dan bertaubat pada-Mu), maka akan dicatat baginya dikertas dan dicetak sehingga tidak akan luntur hingga hari kiamat." [HR. Al Hakim (1/564). Syeikh Musthofa Al 'Adawi mengatakan bahwa hadis ini shahih karena banyak terdapat syawahid (dalil penguat).

Hadis lain dari Abu Darda' bahwa Nabi SAW bersabda: "Barangsiapa yang menghafal 10 ayat dari permulaan Surat Al-Kahfi , maka dia dilindungi dari Dajjal , yakni dari fitnahnya." (HR Muslim)

(Baca Juga: Positif Covid-19 di Jakarta Bertambah 1.406 Orang, Sumbernya Rumah dan Perkantoran )
halaman ke-1
cover top ayah
يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِنۡ جَآءَكُمۡ فَاسِقٌ ۢ بِنَبَاٍ فَتَبَيَّنُوۡۤا اَنۡ تُصِيۡبُوۡا قَوۡمًا ۢ بِجَهَالَةٍ فَتُصۡبِحُوۡا عَلٰى مَا فَعَلۡتُمۡ نٰدِمِيۡنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu.

(QS. Al-Hujurat:6)
cover bottom ayah
preload video