Baca Kalimat Ini Jika Merasa Diganggu Setan Saat Salat

Senin, 07 September 2020 - 17:22 WIB
loading...
Baca Kalimat Ini Jika Merasa Diganggu Setan Saat Salat
Salah satu cara mengusir gangguan dan godaan setan ketika salat adalah dengan membaca taawudz. Foto/Ist
A A A
Pernah mengalami salat tidak khusyu' atau merasa waswas atau barangkali pikiran kemana-mana alias tidak fokus? Jika demikian, itu tandanya anda sedang diganggu oleh bisikan dan hasutan setan.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan gangguan setan saat salat ? Apa yang harus dilakukan untuk mengusirnya? Berikut penjelasan singkat KH Ahmad Busyairi Nafis Lc MA saat kajian membahas "Rukun Shalat Jenazah" di Masjid Jami' Darussalam Jalan Poncol, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. ( )

Kiyai Busyairi menceritakan sebuah kisah yang terjadi di zaman Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW). Sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW : "Ya Rasul, saya merasa gangguan dalam salat ada aja bisikan syaithan". Kemudian Nabi Muhammad SAW berkata: "Kalau ada gangguan, maka bacalah Ta'awudz". Sahabat kemudian datang dan berkata: "Ya Rasul, sudah hilang gangguan saat salat ".

"Ini tidak ditetapkan posisinya, apabila saat berdiri terganggu maka bacalah ta'awudz. Kalau diganggu saat sujud maka bacalah ta'awudz. Kalau terganggu kehadiran bisikan setan segera baca ta'awudz," jelas Kiyai Busyairi. ( )

Ulama besar Yaman, Al-Habib Umar bin Hafizh apabila lupa sesuatu, beliau menganjurkan agar " Shalat saja ". Setan akan mengingatkan kita saat kita mulai ibadah. Oleh ulama Syafi'iyyah , membaca Ta'awudz di setiap raka'at atau sebelum Al-Fatihah itu dianjurkan.

( )

Ada sebagian pendapat cukup rakaat pertama saja karena satu ta'awudz sudah mencukupi untuk seluruh salat kita. Imam Asy-Syafi'i mengatakan: "Baca setiap raka'at, Rukuk, Sujud kita sampai kita berdiri lagi baca ta'awudz lagi Al-Fatihah lagi". Apalagi tidak ada yang merasa aman dari dangguan setan, maka bacaan ta'awudz dapat dibaca untuk membentengi dari dari setan. ( )

Dalam Al-Qur'an , Allah Ta'ala berfirman:

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Artinya: Jika kamu membaca Al-Qur’an , berlindunglah kepada Allah dari setan yang terkutuk. (Surah An-Nahl Ayat 98).

Berikut Lafaz Ta'awudz:

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

A'uudzubillaahi Minasy-Syaithoonir-Rojiim
Artinya: Aku berlindung kepada Allah Ta'ala dari (gangguan) setan yang terkutuk.

Wallahu Ta'ala A'lam

( )
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3970 seconds (0.1#10.140)