Mengapa Jodoh Tak Kunjung Datang?

loading...
Mengapa Jodoh Tak Kunjung Datang?
Belum datangnya jodoh untuk menikah bukanlah satu-satunya jenis ibadah yang Allah syariatkan untuk kita sehingga kita terhalang dari kebaikan ketika pernikahan itu belum menyapa. Foto ilustrasi/ist
Jodoh, rejeki dan kematian adalah rahasia Ilahi. Khusus soal jodoh banyak persepsi yang muncul tentangnya. Banyak orang menganggap bahwa jodoh adalah takdir, sedangkan yang lainnya beranggapan, jodoh adalah pilihan, dimana manusia mampumenentukan pilihan jodohnya sendiri.

Lantas kenapa masih banyak perempuan atau lelaki yang belum menemukan jodohnya juga? Terlepas dari itu semua, Allah sudah membocorkan rahasia tentang pasangan hidup kita dalam Al-Qur'an, sebagaimana firmannya:

وَٱللَّهُ جَعَلَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا وَجَعَلَ لَكُم مِّنْ أَزْوَٰجِكُم بَنِينَ وَحَفَدَةً وَرَزَقَكُم مِّنَ ٱلطَّيِّبَٰتِ ۚ أَفَبِٱلْبَٰطِلِ يُؤْمِنُونَ وَبِنِعْمَتِ ٱللَّهِ هُمْ يَكْفُرُونَ

“Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?”(QS.An-Nahl:72)



(Baca juga :Kondisi Ini yang Membuat Perempuan Menjadi Sumber Fitnah)

Ayat di atas menunjukkan bahwa jodoh adalah salah satu rezeki atau nikmat yang diberikan Allah kepada kita. Kemudian, Allah juga menegaskannya dalam firmanNya :

اَلْخـَبِيـْثــاَتُ لِلْخَبِيْثـِيْنَ وَ اْلخَبِيْثُــوْنَ لِلْخَبِيْثاَتِ وَ الطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِيْنَ وَ الطَّيِّبُوْنَ لِلطَّيِّبَاتِ.



“ Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. (QS. An Nur:26)
halaman ke-1 dari 4
cover top ayah
وَّاسۡتَغۡفِرِ اللّٰهَ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ غَفُوۡرًا رَّحِيۡمًا‌
Mohonkanlah ampunan kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. An-Nisa:106)
cover bottom ayah
preload video