Makna Radikalisme dalam Pandangan Al-Qur'an, Menteri Agama Harus Tahu Ini

Rabu, 09 September 2020 - 15:56 WIB
loading...
A A A
Orang radikal itu selain merasa paling hebat, bahkan angkuh seperti yang saya sebutkan di atas, juga selalu curiga bahkan melihat orang lain sebagai ancaman. Apalagi jika orang lain itu memiliki penafsiran atau pandangan yang berbeda dari dirinya. Tentu termasuk penafsiran maupun pandangan politik dan kebijakan publik.

Akhirnya saya ingin mengingatkan, tentu saja dalam kapasitas saya sebagai bagian dari anak bangsa, agar kiranya Kementerian Agama kembali memposisikan diri pada posisi keagamaan.

( )

Posisi keagamaan yang kita maksud tentunya adalah mengedepankan hati, akal, serta nilai kebenaran dan kedailan. Bukan tuduhan dan kecurigaan yang tidak logis dan tidak berdasar. Selain itu Menteri Agama harusnya menyadari bahwa cara terbaik untuk menangani radikalisme di masyarakat bukan dengan pernyataan-pernyataan yang membingunkan, apalagi menyesatkan. Tapi melalui perbaikan mutu pendidikan.

Pertanyaan yang sesungguhnya perlu direspons oleh Menteri Agama adalah program apa yang telah dicanangkan sehingga mutu pendidikan di madrasah-madrasah atau pesantren-pesantren dapat dipastikan?

Untuk mematikan mutu atau kualitas para muballig dan penceramah misalnya, bukan sekedar dengan sertifikat. Tapi dengan meningkatkan pendidikan dan latihan kepada mereka. Jika perlu Kementrian Agama memberikan beasiswa khusus kepada para muballig dan da'i untuk melanjutkan pendidikan dan menambah wawasan.

Maka Pak Menteri, berhentilah melemparkan kata dan wacana yang hanya menambah kekisruhan dan perdebatan. Bangsa ini sudah kenyang dengan hal-hal seperti itu. Masanya melakukan kerja nyata dan solusi yang benar, rasional, imbang, dan berkeadilan bagi seluruh bangsa. Semoga! ( )

New York, 8 September 2020
(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3068 seconds (0.1#10.140)