Masya Allah! Begini Gambaran Telaga Al-Kautsar yang Dibanggakan Rasulullah

loading...
Masya Allah! Begini Gambaran Telaga Al-Kautsar yang Dibanggakan Rasulullah
Al-Kautsar adalah sebuah sungai di dalam surga yang kedua tepinya dari emas. Airnya mengalir di atas mutiara, tanahnya lebih wangi dari misk. Airnya lebih manis dari madu. Foto hanya ilustrasi/Ist
Surga identik dengan tempat kesenangan dan kebahagiaan yang sifatnya kekal dan tak ada habisnya. Manusia hanya diberitahu sedikit tentang gambaran surga sebagaimana diceritakan dalam Al-Qur'an maunpun Hadis Nabi.

Dalam Hadis Qudsi yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu: "Aku (Allah) telah menyediakan untuk hamba-hamba-Ku yang saleh suatu balasan (surga) yang belum pernah terlihat oleh mata, belum pernah terdengar oleh telinga, dan belum pernah terlintas di dalam hati." (HR Al-Bukhari). [Baca Juga: Sahabat Bertanya Seperti Apakah Surga? Ini Kata Rasulullah SAW (1)]

Dalam Al-Qur'an menyebutkan tentang surga sebagaimana firman-Nya: "Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa". (Surah Ali Imran Ayat 133).

"Di dalamnya (surga) mereka duduk bertelekan di atas dipan-dipan (yang indah), mereka tidak merasakan di dalamnya (teriknya) matahari dan tidak pula dingin yang bersangatan." (Surah Al-Insan: 13)



Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Bahwa dinding-dinding surga itu batu-bata dari perak dan emas. Tanahnya pohon kimkuma (za'faran) dan buminya adalah kasturi." (HR Al-Bazzar).

Wanginya bau surga ini dapat dicium dari jarak perjalanan 100 tahun. Masya Allah, tak dapat dibayangkan bagaimana harumnya surga yang dijanjikan Allah bagi orang yang bertakwa. (Baca Juga: Seperti Apa Makanan dan Minuman di Surga? Inilah Gambarannya Menurut Al-Qur'an)

Telaga Al-Kautsar yang Dibanggakan Rasulullah
Surga digambarkan memiliki banyak telaga dan sungai. Sungai-sungai surga ini memancar dari bawah-bawah bukit. Salah satu sungai yang dibanggakan Nabi صلى الله عليه وسلم kelak di surga adalah telaga Al-Kaustar.



Allah menjanjikan bagi orang yang bertakwa itu sungai surga yang airnya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1. Airnya tidak berubah rasa dan baunya.
2. Air susu yang tidak berubah warna dan rasanya.
3. Air anggur yang lezat dan tidak memabukkan bagi peminumnya.
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
سَنَدۡعُ الزَّبَانِيَةَ
Kelak Kami akan memanggil Malaikat Zabaniyah, (penyiksa orang-orang yang berdosa),

(QS. Al-'Alaq:18)
cover bottom ayah
preload video