Masya Allah! Begini Gambaran Telaga Al-Kautsar yang Dibanggakan Rasulullah

Sabtu, 26 September 2020 - 23:52 WIB
loading...
Masya Allah! Begini Gambaran Telaga Al-Kautsar yang Dibanggakan Rasulullah
Al-Kautsar adalah sebuah sungai di dalam surga yang kedua tepinya dari emas. Airnya mengalir di atas mutiara, tanahnya lebih wangi dari misk. Airnya lebih manis dari madu. Foto hanya ilustrasi/Ist
A A A
Surga identik dengan tempat kesenangan dan kebahagiaan yang sifatnya kekal dan tak ada habisnya. Manusia hanya diberitahu sedikit tentang gambaran surga sebagaimana diceritakan dalam Al-Qur'an maunpun Hadis Nabi .

Dalam Hadis Qudsi yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu: "Aku (Allah) telah menyediakan untuk hamba-hamba-Ku yang saleh suatu balasan ( surga ) yang belum pernah terlihat oleh mata, belum pernah terdengar oleh telinga, dan belum pernah terlintas di dalam hati." (HR Al-Bukhari). [Baca Juga: Sahabat Bertanya Seperti Apakah Surga? Ini Kata Rasulullah SAW (1)]

Dalam Al-Qur'an menyebutkan tentang surga sebagaimana firman-Nya: "Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa". (Surah Ali Imran Ayat 133).

"Di dalamnya ( surga ) mereka duduk bertelekan di atas dipan-dipan (yang indah), mereka tidak merasakan di dalamnya (teriknya) matahari dan tidak pula dingin yang bersangatan." (Surah Al-Insan: 13)

Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Bahwa dinding-dinding surga itu batu-bata dari perak dan emas. Tanahnya pohon kimkuma (za'faran) dan buminya adalah kasturi." (HR Al-Bazzar).

Wanginya bau surga ini dapat dicium dari jarak perjalanan 100 tahun. Masya Allah, tak dapat dibayangkan bagaimana harumnya surga yang dijanjikan Allah bagi orang yang bertakwa. ( )

Telaga Al-Kautsar yang Dibanggakan Rasulullah
Surga digambarkan memiliki banyak telaga dan sungai. Sungai-sungai surga ini memancar dari bawah-bawah bukit. Salah satu sungai yang dibanggakan Nabi صلى الله عليه وسلم kelak di surga adalah telaga Al-Kaustar.

Allah menjanjikan bagi orang yang bertakwa itu sungai surga yang airnya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1. Airnya tidak berubah rasa dan baunya.
2. Air susu yang tidak berubah warna dan rasanya.
3. Air anggur yang lezat dan tidak memabukkan bagi peminumnya.

Ketika Isra' dan Mi'raj, Rasulullah صلى الله عليه وسلم pernah melihat sungai yang dinamakan Al-Kautsar. Sungai ini dilingkari oleh bukit-bukit yang terdiri dari permata-permata dan tanahnya dari wewangian yang paling wangi. Tepian sungai ini terdiri dari emas sedangkan anak-anak batunya dari mutiara.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda:

بَيْنَمَا أَنَا أَسِيرُ فِي الجَنَّةِ، إِذَا أَنَا بِنَهَرٍ، حَافَتَاهُ قِبَابُ الدُّرِّ المُجَوَّفِ، قُلْتُ: مَا هَذَا يَا جِبْرِيلُ؟ قَالَ: هَذَا الكَوْثَرُ، الَّذِي أَعْطَاكَ رَبُّكَ. فَإِذَا طِينُهُ -أَوْ طِيبُهُ- مِسْكٌ أَذْفَ

"Ketika kami berjalan di surga , tiba-tiba ada sungai yang pinggirnya berupa kubah dari mutiara berongga. Aku bertanya, 'Apa ini, wahai Jibril?'’ Jibril menjawab, 'Inilah Al-Kautsar yang Allah Ta'ala berikan untukmu.' Ternyata tanahnya atau bau wanginya terbuat dari minyak misk adzfar." (HR. Al-Bukhari)

Riwayat lain Nabi bersabda: "Al-Kautsar adalah sebuah sungai di dalam surga yang kedua tepinya dari emas. Airnya mengalir di atas mutiara. Tanahnya lebih wangi dari misk. Airnya lebih manis dari madu. Dan warnanya lebih putih dari salju." (HR. Att-Turmudzi 3361).

Barangsiapa meminum air dari Al-Kautsar ini walau hanya sekali teguk, maka dia tidak merasakan haus untuk selama-lamanya. Tentang telaga Al-Kautsar, Anas radhiyallahu 'anhu bercerita bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم tertidur di atas tikar jerami, tiba-tiba sambil mengangkat kepalanya Baginda tersenyum. Anas bertanya: Mengapa engkau tertawa ya Rasulullah?" Beliau menjawab: "Ayat yang diturunkan kepadaku tadi (yang bermaksud): "Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak (Al-Kautsar), maka dirikanlah salat kerana Tuhanmu; dan berkorbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus." (Surah Al-Kautsar: 1-3).

Kemudian baginda Nabi صلى الله عليه وسلم bertanya: "Adakah engkau tahu apa itu Al-Kautsar?" Anas menjawab: "Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu." Lalu Nabi menerangkan: "Al-Kausar itu satu sungai yang dijanjikan kepadaku oleh Allah, pada sungai itu banyak kebajikan. Di atasnya sebuah kolam (Al-Haudi) yang akan datang umatku kepadanya. Bejananya banyak sebanyak bintang-bintang di langit." (Riwayat Muslim).

Imam At-Tarmidzi meriwayatkan, Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda: "Bahwa masing-masing Nabi itu mempunyai telaga. Mereka ini bangga membanggakan manakah yang lebih banyak orang datang. Dan aku mengharap, bahwa adalah aku yang terbanyak orang datang."

Demikian sekilas gambaran telaga Al-Kautsar yang dikaruniakan Allah kepada Nabi صلى الله عليه وسلم. Semoga Allah Ta'ala memberi kita ridha-Nya dan memasukkan kita ke dalam surga-Nya . Aamiin. ( )

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)