Seperti Apa Makanan dan Minuman di Surga? Inilah Gambarannya Menurut Al-Qur'an

Minggu, 13 September 2020 - 14:16 WIB
loading...
Seperti Apa Makanan dan Minuman di Surga? Inilah Gambarannya Menurut Al-Quran
Air susu dan madu memang sudah mahsyur dikisahkah menjadi minuman para penghuni surga. Keduanya merupakan minuman yang tersedia lewat sungai-sungai di surga. Foto ilustrasi/ist
A A A
Setiap muslim dan muslimah pastilah merindukan surga , serta ingin menjadi penghuninya. Surga adalah negeri kemuliaan yang abadi, negeri yang penuh dengan kenikmatan yang sempurna, yang tak ada cela sama sekali. Berbagai kenikmatan telah Allah Subhanahu wa ta'ala persiapkan di sana.

Dalam hadis Qudsi, Allah Ta'ala berfirman: “Aku telah persiapkan untuk hamba-hamba-Ku yang saleh kenikmatan yang tak pernah dilihat mata, tak pernah terdengar oleh telinga, dan tak pernah terbetik di hati manusia.” Kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam berkata, “Kalau mau, silakan kalian baca: “Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka. (QS as-Sajdah: 17)’.” (HR. Bukhari)

Salah satu kenikmatan yang menanti di surga adalah makanan dan minuman yang tidak pernah habis. Dalam Tamam Al–Minnah ‘ala Syarh As-Sunnah', Al-Imam Al-Muzani rahimahullah menjelaskan, “Di surga ada berbagai makanan, buah-buahan, dan minuman, akan terus ada dan tidak ada habisnya, juga tidak fana. Begitu pula naungannya tidak fana dan tidak dihapus.”

(Baca juga : Inilah Cara Melihat Aib Diri Sendiri )

Dalam ayat Al Qur'an disebutkan,

مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ ۖ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۖ أُكُلُهَا دَائِمٌ وَظِلُّهَا ۚ تِلْكَ عُقْبَى الَّذِينَ اتَّقَوْا ۖ وَعُقْبَى الْكَافِرِينَ النَّارُ

“Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah (seperti taman); mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa, sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka.” (QS. Ar-Ra’du: 35)

Dari ‘Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

خَسَفَتِ الشَّمْسُ علَى عَهْدِ رَسُوْلِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَصَلَّى، قَالُوا: يَا رَسُوْلَ اللَّهِ، رَأَيْنَاكَ تَنَاوَلْتَ شَيْئًا فِي مَقَامِكَ، ثُمَّ رَأَيْنَاكَ تَكَعْكَعْتَ، قَالَ: إنِّي أُرِيْتُ الجَنَّةَ، فَتَنَاوَلْتُ مِنْهَا عُنْقُودًا، وَلَوْ أَخَذْتُهُ لَأَكَلْتُمْ مِنْهُ مَا بَقِيَتِ الدُّنْيَا.

“Gerhana pernah terjadi di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas beliau salat. Orang-orang berkata, ‘Wahai Rasulullah, kami tadi melihat engkau mengambil sesuatu di tempatmu lantas kami melihat engkau beralih ke belakang. Beliau pun bersabda, ‘Sesungguhnya aku telah melihat surga dan aku tadi berupaya meraih setandan buah-buahan darinya. Seandainya aku mendapatkannya lalu kalian memakannya, niscaya kamu (tidak butuh lagi makanan) di dunia.’” (HR. Bukhari)

Semua kenikmatan makanan dan minuman itu akan Allah berikan sebagai ganjaran karena telah melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Allah Ta'ala telah menyiapkan nikmat yang tidak terhingga bagi para penghuni surga kekal. (Baca juga : Hidayah Allah Itu Bisa Datang Kepada Siapa Saja )

Seperti disebutkan dalam Al-Qur'an :

كُلُوا۟ وَٱشْرَبُوا۟ هَنِيٓـًٔۢا بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

“(Dikatakan kepada mereka), ‘Makan dan minumlah kamu dengan rasa nikmat sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. Al Mursalat: 43).

Di dalam Al-Qur'an juga dijelaskan makanan dan minuman yang tersedia bagi para penghuni surga ini, antara lain :

A. Makanan

1. Daging burung yang lezat, nikmat, dan berigizi.

Allah Ta'ala berfirman:

“.....Dan buah-buahan yang mereka pilih dan daging burung yang mereka inginkan.” (QS al-Waqi’ah: 20—21)

(Baca juga : Jangan Mudah Membuka Aib Orang Lain )
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)