Penyebab Rezeki Tidak Lancar dan Penawarnya

loading...
Penyebab Rezeki Tidak Lancar dan Penawarnya
Al-Habib Quraisy Baharun, pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Jawa Barat. Foto/Ist
Di antara manusia banyak mengalami kesulitan rezeki. Terkadang sudah berusaha dan berdoa, namun rezeki masih saja terhambat alias tidak lancar. Dalam persfektif syariat, ternyata ada hal-hal yang menyebabkan terhambatnya rezeki.

(Baca juga :Raja Malaysia Keracunan Makanan dan Masih Dirawat di IJN)

Al-Habib Quraisy Baharun (pengasuh Ponpes As-Shidqu Kuningan) mengatakan dalam satu tausiayahnya bahwa penyebab terhambatnya rezeki karena dosa dan maksiat. (Baca Juga: Dari Banyak Rezeki Ternyata Ini Paling Sempurna, Apakah Itu?)

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:



وَأَنَّ الرُّوحَ الْأَمِينَ نَفَثَ فِي رُوعِيَ أَنَّهُ لَنْ تَمُوتَ نَفْسٌ حَتَّى تَسْتَوْفِيَ رِزْقَهَا, فَاتَّقُوا اللهَ وَأَجْمِلُوا فِي الطَّلَبِ, وَلَا يَحْمِلَنَّكُمُ اسْتِبْطَاءُ الرِّزْقِ أَنْ تَطْلُبُوهُ بِمَعَاصِي اللهِ, فَإِنَّهُ لَا يُدْرَكُ مَا عِنْدَ اللهِ إِلَّا بِطَاعَتِهِ

"Dan sungguh Malaikat Jibril yang terpercaya telah menyampaikan kepadaku bahwa tidak akan mati satu jiwa sampai ia menyempurnakan rezekinya, maka bertakwalah kepada Allah dan perbaguslah dalam mencari rezeki, dan sekali-kali janganlah lambatnya rezeki menjadikan kalian mencarinya dengan bermaksiat kepada Allah, karena sesungguhnya tidak akan diraih apa yang ada di sisi Allah kecuali dengan menaati-Nya." (HR. Al-Baihaqi dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu'anhu)

Nabi صلى الله عليه وسلم juga bersabda:



لَا يَزِيدُ فِي الْعُمْرِ إِلَّا الْبِرُّ، وَلَا يَرُدُّ الْقَدَرَ إِلَّا الدُّعَاءُ، وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيُحْرَمُ الرِّزْقَ بِالذَّنْبِ يُصِيبُهُ
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
اِنَّ الَّذِيۡنَ اتَّقَوۡا اِذَا مَسَّهُمۡ طٰۤٮِٕفٌ مِّنَ الشَّيۡطٰنِ تَذَكَّرُوۡا فَاِذَا هُمۡ مُّبۡصِرُوۡنَ‌ۚ
Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa apabila mereka dibayang-bayangi pikiran jahat (berbuat dosa) dari setan, mereka pun segera ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya.

(QS. Al-A’raf:201)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video