Gaya Kuliner Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam

loading...
Gaya Kuliner Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam
Dai lulusan Al-Azhar Mesir Ustaz Muchlis Al-Mughni. Foto/SINDOnews
Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم adalah teladan dalam semua aspek. Tidak hanya menyangkut ibadah ritual, cara makan dan minum beliau juga menjadi contoh terbaik bagi umat manusia.

Sebagaimana manusia biasa, Rasulullah صلى الله عليه وسلم merasakan lapar dan haus. Beliau makan dan minum secukupnya dan tidak pernah berlebih-lebihan. (Baca Juga: Patut Diteladani, Beginilah Interaksi Rasulullah kepada Para Istrinya)

Bagi umat mukmin ada baiknya meneladani cara makan dan minum Rasulullah صلى الله عليه وسلم. Selain menyehatkan, meniru Rasulullah adalah bagian dari menghidupkan Sunnah Nabi.

Dai lulusan Al-Azhar Mesir Ustaz Muchlis Al-Mughni menjelaskan beberapa gaya kuliner Rasulullahصلى الله عليه وسلم. Di antaranya sebagai berikut:



1. Hal pertama yang beliau lakukan sebelum makan adalah meluruskan dan memantapkan niatnya yang baik demi menjaga nikmat kesehatan dan karena Allah 'Azza wa Jalla, sehingga makanpun bernilai ibadah.

2. Memulai makan dan minum dengan menyebut nama Allah. Jika lupa di awal maka di pertengahan makan beliau membaca Bismillah awwalahu wa akhirahu (dengan menyebut nama Allah di awal dan akhirnya).

3. Makan dan minum dengan menggunakan tangan kanan. (Baca Juga: 7 Kisah yang Menyebabkan Nabi Muhammad Meneteskan Air Mata)



4. Beliau sangat suka makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram.
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
قُلۡ اِنَّ صَلَاتِىۡ وَنُسُكِىۡ وَ مَحۡيَاىَ وَمَمَاتِىۡ لِلّٰهِ رَبِّ الۡعٰلَمِيۡنَۙ
Katakanlah (Muhammad), Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan seluruh alam. 

(QS. Al-An’am:162)
cover bottom ayah
preload video