Gaya Kuliner Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam

Rabu, 14 Oktober 2020 - 18:35 WIB
loading...
Gaya Kuliner Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam
Dai lulusan Al-Azhar Mesir Ustaz Muchlis Al-Mughni. Foto/SINDOnews
A A A
Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم adalah teladan dalam semua aspek. Tidak hanya menyangkut ibadah ritual, cara makan dan minum beliau juga menjadi contoh terbaik bagi umat manusia.

Sebagaimana manusia biasa, Rasulullah صلى الله عليه وسلم merasakan lapar dan haus. Beliau makan dan minum secukupnya dan tidak pernah berlebih-lebihan. ( )

Bagi umat mukmin ada baiknya meneladani cara makan dan minum Rasulullah صلى الله عليه وسلم. Selain menyehatkan, meniru Rasulullah adalah bagian dari menghidupkan Sunnah Nabi .

Dai lulusan Al-Azhar Mesir Ustaz Muchlis Al-Mughni menjelaskan beberapa gaya kuliner Rasulullah صلى الله عليه وسلم. Di antaranya sebagai berikut:

1. Hal pertama yang beliau lakukan sebelum makan adalah meluruskan dan memantapkan niatnya yang baik demi menjaga nikmat kesehatan dan karena Allah 'Azza wa Jalla, sehingga makanpun bernilai ibadah.

2. Memulai makan dan minum dengan menyebut nama Allah. Jika lupa di awal maka di pertengahan makan beliau membaca Bismillah awwalahu wa akhirahu (dengan menyebut nama Allah di awal dan akhirnya).

3. Makan dan minum dengan menggunakan tangan kanan. ( )

4. Beliau sangat suka makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram.

5. Tidak pernah mengkritik (mencela) buruk makanan atau minuman. Jika beliau suka, maka beliau makan. Jika beliau tidak suka maka beliau tinggalkan tanpa ada celaan apapun terhadap makanan atau minuman.

6. Tidak berlebihan dalam menikmati kuliner. Beliau berpesan hendaknya perut ini diisi dengan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga untuk napas.

7. Beliau makan di saat lapar dan berhenti makan minum sebelum kenyang.

8. Beliau menyukai makan secara berjamaah dan tidak pernah makan sendirian.

9. Beliau pun pernah makan bersama dengan orang-orang non muslim dengan syarat bukan untuk makanan atau minuman yang diharamkan.

10. Mengucapkan Al-hamdulillah seusai menyantap makanan dan minuman. ( )

Wallahu A'lam

اللهُم صل وسّلم على سّيدنْآ محمد وعلى اله وصحبه اجمعينْ
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)