alexametrics

Begini Tata Cara Salat Id di Rumah, Sendiri Maupun Berjamaah

loading...
Begini Tata Cara Salat Id di Rumah, Sendiri Maupun Berjamaah
Pada saat pandemi salat id bisa dilakukan di rumah. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
HUKUM salat Idul Fitri adalah sunnah muakkadah (sangat dianjurkan). Dai kondang, Ustaz Abdul Somad (UAS) mengatakan bahwa boleh melakukan salat Idul Fitri sendirian di rumah. Fatwa UAS ini didasarkan pada pendapat Imam Syafi'i yang dituturkan oleh murid yang bernama Imam Al-Muzani.

"Boleh salat Idul Fitri, Idul Adha satu orang. Pagi Idul Fitri, enggak bisa pulang kampung, sendirian di rumah kos-kosan, salat Idul Fitri sendiri," kata Abdul Somad, pada kanal YouTube Ustadz Abdul Somad Official, Selasa (21/4/2020).

Sebelumnya Pimpinan dan Pendiri Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon, Yahya Zainul Ma'arif atau Buya Yahya, juga menjelaskan di tengah wabah corona, umat Islam bisa mengerjakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing.

Salat Id di rumah itu, tidak perlu ada khutbah. "Lakukan seperti salat subuh," katanya. (Baca juga: Salat Id di Rumah, Buya Yahya: Lakukan Seperti Salat Subuh)



UAS menambahkan bahwa salat Id sah dilakukan dengan berjamaah empat orang. "Imam bapak, (makmumnya) istri, anak, keponakan, ayah, ibu, pembantu, salat di rumah," ujarnya.

Empat itu, menurut UAS, adalah batas minimal lebih dari batas jumlah minimal jamak. "Jamak itu, satu mufrad, dua musana, tiga jamak. Lebih dari jamak, empat. Makmum tiga dan imam satu. Tidak ada alasan untuk tidak salat Idul Fitri dan Idul Adha," imbuhnya.



UAS juga menjelaskan bahwa khutbah salat Idul Fitri sama dengan salat Jumat. Ia menjelaskan lima rukun khutbah.

"Berdiri, takbir. (pertama) hamdulillah. Habis hamdallah, selawat. Allahumma salli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad. Habis itu ayat Al-Quran. Ya ayyuhalladzina amanut taqullaha. Enggak hafal, Qul huwallahu ahad allahu somad," tutur UAS.

Ia melanjutkan, "(Ketiga) wasiat taqwa. Ushikum wa nafsi bitaqwallah. Enggak bisa bahasa Arab. Ku wasiatkan kepada kamu semua takutlah kepada Allah ini musim Corona mudah-mudahan kita hari ini, mau pakai nangis."
halaman ke-1 dari 6
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰٓٮِٕكَتَهٗ يُصَلُّوۡنَ عَلَى النَّبِىِّ ؕ يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا صَلُّوۡا عَلَيۡهِ وَسَلِّمُوۡا تَسۡلِيۡمًا‏
Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.

(QS. Al-Ahzab:56)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak