Menyuruh Abu Nawas Memenjarakan Angin, Baginda Raja Malah Kena Batunya

loading...
Menyuruh Abu Nawas Memenjarakan Angin, Baginda Raja Malah Kena Batunya
Ilustrasi/Ist
PADA hari itu Abu Nawas tengah menikmati pagi yang cerah, di rumah saja. Tiba-tiba utusan Baginda Raja datang mengganggunya. "Tuan diminta Baginda menghadap," ujar sang utusan tanpa basa basi.

Setelah sedikit berhias Abu Nawas berangkat ke Istana diiringi sang utusan.

Singkat cerita, sesampai di istana, Raja sudah menunggu. "Akhir-akhir ini aku sering mendapat gangguan perut, Abu," ucap Raja mengawali pembicaraan. Abu Nawas agak bingung juga, tapi ia bersabar menunggu Baginda menyelesaikan titahnya. (Baca juga: Abu Nawas dan Gajah yang Bisa Mengerti Bahasa Manusia)

"Kata tabib pribadiku, aku kena serangan angin," lanjut Baginda Raja.

Abu Nawas tiba-tiba mendapat firasat buruk. "Pasti ini ujian lagi," pikirnya.



Urusan sakit perut jelas menjadi urusan tabib. Abu Nawas merasa tak ahli soal penyakit. "Ampun Tuanku, apa yang bisa hamba lakukan?" tanya Abu Nawas akhirnya. (Baca juga: Ahli Hukum Islam Saja Minta Fatwa Abu Nawas)

"Sederhana saja. Aku hanya menginginkan engkau menangkap angin dan memenjarakannya," titah Baginda disambut wajah bengong Abu Nawas.

Bener juga firasat Abu Nawas. Raja sedang menguji kecerdikannya lagi. Merasa tertantang Abu Nawas pun langsung menjawab, "Siap baginda. Beri hamba waktu," jawabnya.

Abu Nawas diberi waktu tiga hari. Ia pun meninggalkan istana menuju warung kopi. "Ngopi dulu, biar otak encer," pikirnya.



Orang-orang yang ada di warung kopi serentak berdiri begitu melihat Abu Nawas datang. "Rezeki nggak ke mana," celetuk mereka. Sudah biasa, Abu Nawas dikenal dermawan. Mereka memastikan kopi yang sudah diseruput bakal dibayar si Cerdik yang baik hati ini.
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
اِنَّا هَدَيۡنٰهُ السَّبِيۡلَ اِمَّا شَاكِرًا وَّاِمَّا كَفُوۡرًا‏
Sungguh, Kami telah menunjukkan kepadanya jalan yang lurus; ada yang bersyukur dan ada pula yang kufur.

(QS. Al-Insan:3)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video