Tamparan Keras Ulama Sufi Abu Yazid Al-Busthami kepada Muridnya

loading...
Tamparan Keras Ulama Sufi Abu Yazid Al-Busthami kepada Muridnya
Ulama sufi Abu Yazid Al-Busthami ketika memberi nasihat kepada muridnya. Foto Ilustrasi/dok dakwah islamiyyah
Kisah Abu Yazid Al-Busthami ulama sufi berkebangsaan Persia (lahir tahun 188 Hijriyah) dengan seorang muridnya dapat dijadikan pelajaran berharga. Al-Busthami sendiri adalah nisbah (ditujukan) pada daerah kelahirannya Bistami, Qumis, di daerah tenggara Laut Kaspia, Iran.

Beliau dikenal sebagai ulam alim dan pengajar tasawuf. Di antara jamaahnya, ada seorang murid yang rajin mengikuti pengajiannya. Suatu hari, muridnya itu mengadu kepada Abu Yazid. "Guru, aku sudah beribadah tiga puluh tahun lamanya. Aku salat setiap malam dan puasa setiap hari, dan aku tinggalkan syahwatku. Tapi anehnya, aku belum menemukan pengalaman ruhani yang Guru ceritakan. Aku belum pernah saksikan apa pun yang Guru gambarkan."(Baca Juga: Kisah Ulama Sufi Abu Yazid dan Seekor Anjing)

Abu Yazid menjawab: "Sekiranya kau puasa dan beribadah selama tiga ratus tahun pun, kau takkan mencapai satu butir pun dalam ilmu ini."

Murid itu pun heran: "Mengapa, ya Tuan Guru?"



"Karena kau tertutup oleh dirimu," kata Abu Yazid.

"Apakah ini ada obatnya, agar hijab ini tersingkap?" tanya sang murid.

"Boleh, tapi engkau takkan melakukannya." "Tentu saja akan aku lakukan," sanggah murid itu.(Baca Juga: Abu Yazid, Seekor Anjing, dan Muridnya)



"Baiklah kalau begitu. Sekarang pergilah ke tukang cukur, cukurlah (rambut) kepalamu dan jenggotmu, tanggalkan pakaianmu, pakailah baju yang lusuh dan compang-camping."
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
يٰۤـاَيُّهَا النَّبِىُّ قُلْ لِّاَزۡوَاجِكَ وَبَنٰتِكَ وَنِسَآءِ الۡمُؤۡمِنِيۡنَ يُدۡنِيۡنَ عَلَيۡهِنَّ مِنۡ جَلَابِيۡبِهِنَّ ؕ ذٰ لِكَ اَدۡنٰٓى اَنۡ يُّعۡرَفۡنَ فَلَا يُؤۡذَيۡنَ ؕ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوۡرًا رَّحِيۡمًا
Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-Ahzab:59)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video