Aa Gym: Luangkanlah Waktu Menyendiri untuk Allah

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 23:40 WIB
loading...
Aa Gym: Luangkanlah Waktu Menyendiri untuk Allah
Ibadah di keheningan malam memberi banyak manfaat bagi fisik maupun batin. Foto ilustrasi/Ist
A A A
Ada waktunya kita perlu menyendiri atau melakukan tahannuts. Secara bahasa, menyendiri disebut dengan khalwat. Bisa juga diartikan sebagai tahannuts yang artinya mengasingkan diri dari keramaian untuk mengisi hati, mendekat kepada Allah Ta'ala.

"Luangkanlah waktu untuk menyendiri, merenung, dan mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala. Waktu yang paling kondusif adalah pada sepertiga malam manakala alam terasa sunyi karena makhluk sedang tertidur. Pada suasana yang sepi, zikir dan doa yang kita panjatkan kepada Allah akan jauh lebih khusyuk dan lebih meresap di dalam hati," kata Dai yang juga Founder Daarut Tauhiid KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dalam satu tausiyahnya. ( )

Selain berlimpah pahala, kata Aa Gym , ibadah di keheningan malam memberi banyak manfaat bagi fisik dan batin. Hati menjadi lebih tenang dan lapang, pikiran jadi lebih jernih dan segar. Karenanya, diri kita jauh lebih siap menghadapi berbagai kemungkinan dan persoalan yang terjadi di sepanjang hari.

Manfaatkanlah waktu sepertiga malam untuk membersihkan diri dengan istighfar dan memohon kekuatan kepada Allah sehingga hati kita lebih hidup dan istiqamah dalam ketaatan. Inilah modal utama untuk membangun ketangguhan kita dalam mengarungi hidup di dunia.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Rabb kita Tabaraka wa Ta'ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir; lalu Dia berfirman: "Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta kepada-Ku, pasti akan Ku-beri. Dan siapa yang meminta ampun kepada-Ku, pasti akan Ku-ampuni'." (HR Al-Bukhari, Muslim)

Dalam hadits lain Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Pada malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa kepada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya." (HR Muslim).( )

Allah Ta'ala berfirman: "Bangunlah (untuk salat) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit." (QS. Al Muzammil [73]: 2-3).

Karena itu, aturlah waktu kita untuk memiliki kesempatan dalam kesendirian dan hanya berdoa kapada Allah. Manfaatkanlah kesunyian malam hari untuk "curhat" kepada Allah tentang apa saja, tentang persoalan kita, tentang kesulitan kita, atau tentang kebahagiaan kita karena sesungguhnya hanya Allah tempat kita mengadu dan memohon.

Perbanyak menunaikan salat malam . Di dalam salat , panjangkanlah sujud dan berdoalah dengan sungguh-sungguh. Nikmati kekhusyukan berdoa kepada Allah. Dalam salah satu haditsnya Rasulullah bersabda: "Ada tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan Allah pada saat tiada naungan kecuali naungan-Nya..." Di antaranya adalah, "seorang lelaki yang mengingat Allah dalam keadaan sendirian, lantas berlinanglah kedua matanya." (HR Al-Bukhari, Muslim)

( )

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)