Detik-detik Lahirnya Nabi Muhammad, Cahaya Memancar Antara Timur dan Barat

loading...
Detik-detik Lahirnya Nabi Muhammad, Cahaya Memancar Antara Timur dan Barat
Ada banyak referensi yang menguatkan bahwa kelahiran Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam terang benderang disinari oleh cahaya Nur yang tak bisa dinafikan. Foto Ilustrasi/Ist
Keagungan baginda Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم telah tampak sebelum beliau dilahirkan ke dunia. Tak hanya penduduk bumi, penduduk langit pun bergembira menyambut kalahiran Rasulullah صلى الله عليه وسلم yang mulia.

Riwayat paling populer menyebut bahwa baginda Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم lahir pada 12 Rabiul Awwal Tahun Gajah (570 Masehi). Beliau dilahirkan pada hari Senin, tanggal 12 di malam yang tenang pada bulan Rabi'ul Awwal Tahun Gajah. Demikian riwayat Imam Ibnu Ishaq dari Sayyidina Ibnu Abbas. (Baca Juga: Memandang Rasulullah Sebagai Manusia Biasa, Itu Pandangan Jahiliyah)

12 Rabiul Awal 1442 Hijriyah tahun ini jatuh pada Kamis, 29 Oktober atau besok malam menurut penanggalan Hijriyah. Hari Maulid Nabi menjadi agenda tahunan yang diperingati umat Islam di dunia termasuk di Indonesia. Berikut peristiwa luar biasa saat kelahiran Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

Pada saat kelahiran Rasulullah, berdasarkan berbagai riwayat disebutkan bahwa Sayyidah Aminah binti Wahab, ibunda Rasulullah berkata: "Ketika aku dalam proses melahirkan Rasulullah, aku tidak mendapatkan rasa sakit sedikit pun sampai aku melahirkannya. Ketika Rasulullah صلى الله عليه وسلم sudah lahir, keluarlah cahaya yang menyinari antara timur dan barat."



Beliau lahir dengan bertelungkup dengan kedua tangannya. Dalam riwayat lain disebutkan, beliau lahir dalam keadaan duduk dengan lututnya (seperti tahiyyat awal) sambil mengangkat kepalanya ke langit, dan bersamaan dengannya, keluarlah cahaya yang menyinari istana Syam dan pasar-pasarnya.

"Sampai aku melihat leher-leher unta di bumi." Demikian kata ibunda Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

Ada pula kesaksian seseorang yang pernah menyaksikan peristiwa kelahiran Rasulullah صلى الله عليه وسلم. Ia adalah ibu Utsman binti Abdash, beliau berkata: "Aku menyaksikan ketika Aminah melahirkan Rasulullah, keluar cahaya yang menyinari seluruh rumah. Di saat itu aku sedang berada di rumahnya. Kemana pun kami melihat, yang terlihat adalah cahaya." Hadis ini diriwayatkan oleh Imam At-Thabrani, juga Al-Haitami dalam Kitab Majma'.



Banyak sekali hadis-hadis yang menyebutkan bahwa seluruh anggota tubuh Rasulullah صلى الله عليه وسلم serta wajah beliau bercahaya. Ada sahabat yang berkata: "Aku punya pertanyaan yang bertahun-tahun tidak sanggup aku sampaikan karena wibawa Rasulullah."
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
قُلۡ هُوَ الَّذِىۡۤ اَنۡشَاَكُمۡ وَجَعَلَ لَـكُمُ السَّمۡعَ وَالۡاَبۡصَارَ وَ الۡاَفۡـــِٕدَةَ ‌ ؕ قَلِيۡلًا مَّا تَشۡكُرُوۡنَ
Katakanlah, “Dialah yang menciptakan kamu dan menjadikan pendengaran, penglihatan dan hati nurani bagi kamu. (Tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur.”

(QS. Al-Mulk:23)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video