Subhanallah! Shalat Tepat Waktu Berpengaruh pada Kesuksesan

Senin, 09 November 2020 - 16:44 WIB
loading...
Subhanallah! Shalat Tepat Waktu Berpengaruh pada Kesuksesan
Keutamaan shalat tepat waktu akan berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang. Foto/Ist
A A A
Shalat merupakan tiang agama dan amalan yang pertama kali dihisab pada hari Kiamat. Saking berharganya shalat , Islam menempatkannya sebagai rukun kedua setelah syahadat.

Dalam satu hadis yang diriwayatkan Imam Abu Dawud, Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم bersabda: "Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya . Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. ( )

Jika ada yang kurang dari shalat wajibnya, Allah Ta'ala mengatakan, 'Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan shalat sunnah?' Maka shalat sunnah tersebut akan menyempurnakan shalat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu."

Ulama terdahulu mengatakan barangsiapa yang tidak memelihara waktu ( shalat ) maka ia tidak akan bisa selamat dari bencana. Orang yang mengerjakan shalat keluar dari waktunya maka ia akan mendapat kerugian bahkan perbuatannya masuk kategori tercela sebagaimana Allah berfirman dalam Al-Qur'an: "Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya." (QS. Al Maa'un: 4-5)

Dalam Fathul Muin disebutkan keutamaan shalat tepat waktu berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang, Yang sudah terbiasa disiplin dalam shalatnya akan berefek disiplin dan teratur dalam segala urusannya. (Baca Juga: Peringatan Bagi yang Suka Menunda-nunda Waktu Salat)

من تعود على تأخير الصلاة رجل أو إمراة،فليتهيأ للتأخيرفي كل أمور حياته إزواج،وظيفة،ذرية،عافية،تكملة،توفيق،
قال:الحسن البصري،إذا هانت عليك صلاتك فما الذي يعز عليك؟بقدر ماتتعدل صلاتك تتعدل حياتك.ألم تعلم أن الصلاة اقترنت بالفلاح"حي على الصلاة حي على الفلاح.
فكيف تطلب من الله التوفيق وأنت لحقه غير مجيب اللهم اجعلنا ممن يقيم الصلاة في وقتها

Barangsiapa terbiasa mengakhiri shalat baik laki-laki maupun perempuan, Maka bersiaplah ia terlambat dalam segala urusan kehidupannya. Baik nikah, pekerjaan, keturunan, kesehatan, kemapanan dan petunjuk. ( )

Imam Hasan Al-Bashri berkata, jika shalat saja merupakan hal yang sepele bagimu, maka adakah urusan yang penting menurutmu? Seperti apa engkau merubah shalatmu , itulah engkau mengubah hidupmu. Tidaklah engkau tahu bahwa shalat itu bergandengan dengan kesuksesan. Marilah dirikanlah shalat , marilah meraih kesuksesan. Bagaimana mungkin engkau minta kesuksesan kepada Allah Ta'ala, sedangkan kamu tidak menunaikan haknya.

Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang mendirikan shalat tepat pada waktunya. Aaamin! ( )

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2947 seconds (0.1#10.140)