Menyedihkan! Salat Bertahun-tahun Tapi Tidak Diterima, Apa Sebab?

Sabtu, 29 Agustus 2020 - 17:17 WIB
loading...
Menyedihkan! Salat Bertahun-tahun Tapi Tidak Diterima, Apa Sebab?
Ada beberapa hal yang menyebabkan salat kita tidak diterima oleh Allah Taala. Di antaranya karena syirik, ujub, takabbur atau sombong dengan amalan. Foto/Istimewa
A A A
Kali ini kita mendapat nasihat luar biasa dari Al-Habib Geys bin Abdurrahman Assegaf, dai muda lulusan Al-Azhar Mesir. Sebagian di antara kaum muslimin mungkin merasa bahwa amalan yang dikerjakannya sudah sempurna. Ada yang merasa bahwa ia telah meggugurkan kewajiabannya kepada Allah Ta'ala.

Secara zahir mungkin tampak iya, namun ternyata ibadah yang kita lakukan tidak diterima Allah. Sungguh ironis, salat kita bertahun-tahun tidak diterima karena ada penyakit di hati kita. Penyakit apakah itu? Berikut penjelasan Imam an-Nawawi dalam Syarah Hadits Arba'in menyebutkan:

1. Syirik.
Kita melakukan sesuatu karena manusia. Apabila kita melihat kepada yang spesifik syirik dibagi 6 :
~ syirik istiqlal.
~ syirik tab'idh.
~ syirik taqrib.
~ syirik taqlid.
~ syirik aghradh.
~ syirik asbab.

( )

Dalam akidah ahlus sunnah wal jama'ah Asy'ariyyah menyatakan tidak ada yang melakukan apapun melainkan hakikatnya Allah Ta'ala yang melakukan (kehendak-Nya). Kita tidak boleh meyakini kita bisa menciptakan perbuatan kita sendiri, bisa timbul kesombongan dan mencapai kekufuran. ( )

"Apakah ada yang begitu? Ada, yaitu orang Qadariyah. Mereka mengatakan kalau perbuatan baik itu Allah yang bikin, kalau yang buruk itu manusia yang bikin," kata Habib Geys.

Perbuatan Manusia dibagi 2 Kelompok:
1. Al-Af'al Iftiyariyah (perbuatan yang kita punya kesadaran Mutlak).
2. Al-Af'al Iftirariyah (perbuatan yang tidak ada kesadarannya).

Pembagian Tauhid oleh orang yang kita kenal dengan Salafi yang membagi tauhid menjadi 3 itu keliru. Ini adalah pemikiran yang keliru dan banyak disebarkan di masyarakat dan banyak yang tertipu.

As-Sayyid Alawi al-Maliki mengatakan:
"Orang kalau tawassul tidak akan syirik kalau mengetahui 4 hal ini :
1. Tawassul dan tabaruk itu cara berdo'a.
2. Yang dijadikan tawassul adalah orang dan alat yang dicintai Allah Ta'ala.
3. Meyakini orang yang ditawasuli itu punya kuasa itu syirik.
4. Yang paling utama bertawasul dengan amal saleh."

( )

2. Takabbur.
Ini merupakan penyakit kedua penyebab salat tidak diterima. Apa definisi takabur ? Apakah takabur itu kita menggunakan mobil yang bagus? Bukan. Takabur itu menolak kebenaran dan meremehkan manusia. Sombong terbagi 2 yaitu sombong atas kemaksiatannya dan sombong atas ketaatannya.

Dia bangga terhadap musibah yang menimpanya itu habis sudah. Yang bahaya itu sombong yang gak kelihatan, yaitu sombong dengan ilmu, itu bisa menghalangi dari Allah Ta'ala.

Orang kembali kepada Allah Ta'ala Terbagi 2:
1. Thariqatul inabah.
Orang yang melakukan ketaatan dari lahir hingga wafat hingga masuk surga.

2. Thariqatul ijtiba'.
Orang yang kelihatannya sudah gak akan masuk surga, tapi akhirnya masuk surga.

"Kita gak boleh menghukumi orang. Maka jangan coba menyandarkan kepada selain Allah Ta'ala. Jangan kita menyandarkan kepada salat kita. Takbir pertama ingat sama bini. Takbir kedua ingat masakan. Apakah diterima oleh Allah Ta'ala," kata Habib Geys.

Al-Mirzabani mengatakan orang diterima salat itu 4 :
1. Hatinya hadir.
2. Akalnya menyaksikan.
3. Badannya merendahkan diri.
4. Anggota-anggota badannya tenang.

"Kalau Handphone kita berbunyi di bawah, batalin salat kita karena bisa menimbulkan mudharat yang besar," tegas Habib Geys. (Baca Juga: 3 Syarat Agar Tobat Diterima Allah Ta'ala)

Dua hal yang harus kita ingat yait kebaikan orang kepada kita dan kesalahan kita kepada orang. Sebaliknya 2 hal yang harus kita lupakan yaitu kebaikan kita kepada orang dan kesalahan orang kepada kita.

( )

3. Ujub.
Penyakit hati yang ketiga adalah Ujub . Kalau kita berbangga diri akan habis pahala di sisi Allah Ta'ala. Maka jangan terpancing ngomongin amalan kita.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3588 seconds (0.1#10.140)