Memohon Doa Ampunan dan Keselamatan Seperti yang Dipanjatkan Nabi SAW

loading...
Memohon Doa Ampunan dan Keselamatan Seperti yang Dipanjatkan Nabi SAW
hendaklah kita benar-benar menggantungkan permohonan kita kepada Allah Jalla Jalaluhu. Kita meminta keselamatan di keluarga kita. Foto ilustrasi/ist
Doa adalah hal yang wajib ada di dalam setiap aspek kehidupan masyarakat. Dan sebagai pengikut Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, suri tauladan dan idola umat muslim, tentu doa yang kita panjatkan seperti yang diajarkan Beliau. Sebenarnya, doa seperti apa yang diminta oleh Nabi Muhammad Shalllalau alaihi wa sallam ini?

Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah, MA dalam ceramah dan kajian Islam Ilmiah dengan pembahasan kitab Al-Adabul Mufrad menyampaikan tentang doa-doa yang dipanjatkan Nabi SAW, di jaringan Rodja, baru-baru ini. Pembahasan yang disampaikannya tentang hadis 698. Berikut uraian ceramahnya:

(Baca juga : Syariat Islam Telah Sempurna Mengatur Perihal Rujuk )

Al-Walid bin Shaih menceritakan kepada kami, ia berkata, ‘Ubaidullah bin ‘Amr menceritakan kepada kami dari Zaid bin Abi Unaisah, dari Yunus bin Khabbab, dari Nafi’ bin Jubair bin Muth’im, dari Ibnu ‘Abbas, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berdoa:



اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي دِينِي وَأَهْلِي، وَاسْتُرْ عَوْرَاتِي، وَآمِنْ رَوْعَاتِي، وَاحْفَظْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِي، وَعَنْ يَمِينِي، وَعَنْ يَسَارِيْ، وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي.

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu maaf dan keselamatan di dunia dan di akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu keselamatan dalam agamaku dan keluargaku, dan tutupilah auratku, amankanlah aku dari ketakutanku serta jagalah aku dari depanku, dari belakangku, dari kananku, dari kiriku, dan dari atasku, dan aku berlindung kepadaMu terbunuh dari bawahku.”

(Baca juga : Niatkan Aktivitas Sehari-hari Bernilai Pahala )

Penjelasan doa memohon ampunan dan keselamatan

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ
halaman ke-1
cover top ayah
سَنَدۡعُ الزَّبَانِيَةَ
Kelak Kami akan memanggil Malaikat Zabaniyah, (penyiksa orang-orang yang berdosa),

(QS. Al-'Alaq:18)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!