Niatkan Aktivitas Sehari-hari Bernilai Pahala

Senin, 16 November 2020 - 18:37 WIB
loading...
Niatkan Aktivitas Sehari-hari Bernilai Pahala
Seluruh perbuatan mubah yang kita lakukan seperti tidur, makan, mencari rezeki dan yang lainnya bisa dijadikan sebagai bentuk ibadah dan pendekatan diri kepada Allah subhaanahu wa ta’ala. Foto ilustrasi/ist
A A A
Al Qur'an adalah pedoman hidup setiap muslim. Al Qur'an juga merupakan kunci bagi setiap muslim untuk meraih ridha Allah. Dan, jika muslim dan muslimah ingin meraih surga, maka langkah-langkah menuju surga juga telah dijelaskan dalam Al-Qur'an. Artinya, Al-Qur'an adalah jalan kebaikan bagi setiap umat Islam.

(Baca juga : Surga Menanti Muslimah yang Seperti Ini )

Karena Al-Qur'an adalah jalan kebaikan , maka di dalamnya memuat perintah-perintah agar manusia berbuat baik. Ini seperti tertulis dalam firman Allah Ta'ala :

۞ لَّيْسَ ٱلْبِرَّ أَن تُوَلُّوا۟ وُجُوهَكُمْ قِبَلَ ٱلْمَشْرِقِ وَٱلْمَغْرِبِ وَلَٰكِنَّ ٱلْبِرَّ مَنْ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةِ وَٱلْكِتَٰبِ وَٱلنَّبِيِّۦنَ وَءَاتَى ٱلْمَالَ عَلَىٰ حُبِّهِۦ ذَوِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينَ وَٱبْنَ ٱلسَّبِيلِ وَٱلسَّآئِلِينَ وَفِى ٱلرِّقَابِ وَأَقَامَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتَى ٱلزَّكَوٰةَ وَٱلْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَٰهَدُوا۟ ۖ وَٱلصَّٰبِرِينَ فِى ٱلْبَأْسَآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَحِينَ ٱلْبَأْسِ ۗ أُو۟لَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ صَدَقُوا۟ ۖ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُتَّقُونَ

"Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan salat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa." (QS Al Baqarah : 177)

(Baca juga : Dosa yang Diremehkan Perempuan: Menyakiti Tetangga dengan Lisan )

Maka, setiap muslim harus menjadikan aktivitasnya bernilai ibadah . Setiap muslim wajib menjadikan kegiatan hari-harinya bernilai pahala. Dengan kebaikan maka Allah akan memberikan ridha-Nya. Agar aktivitas sehari-harinya bernilai ibadah dan mendatangkan pahala , maka harus berittiba'(mencontoh) pada Rasulullah.

Dikutip dari buku “Panduan Amal Sehari Semalam”, yang ditulis Abu Ihsan al-atsaary, para ulama menjelaskan bahwa ibadah meliputi segala sesuatu yang disukai dan diridhai Allah berupa perkataan dan perbuatan yang lahir maupun batin. Segala aktivitas kita sehari-hari bisa bernilai ibadah.

Dalam sebuah hadis Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda: “Dan mendatangi istri adalah shadaqah” (HR Muslim)

(Baca juga : Nasihat yang Paling Baik Adalah Kematian )

Dalam hadis lain Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya, tidaklah engkau mengeluarkan nafkah dengan mengharap wajah Allah kecuali engkau diganjari pahala atasnya hingga sesuatu yang engkau suapkan ke dalam mulut istrimu.” (HR. Al-Bukhari)

Di dalam kitab Fathul Baari, Al-Hafizh Ibnu Hajar menukil perkataan An-Nawawi rahimahullah :
“Faidah yang ingin dipetik dalam hadis ini adalah sabda nabi, ‘mengharap–yakni mencari– wajah Allah.’ Dari situ imam An-Nawawi menarik sebuah faidah: Suatu aktivitas bilamana bersesuaian dengan kebenaran maka tidaklah mengurangi nilai pahalanya (bila niatnya adalah ibadah). Sebab menyuapkan makanan ke mulut istri biasanya dilakukan saat bercanda dengannya. Tentu saja hal tersebut bercampur dengan nafsu syahwat. Namun demikian, bila tujuannya adalah mengharap pahala Allah, niscaya ia akan memperoleh pahalanya dengan karunia dari Allah subhaanahu wa ta’aala”

(Baca juga : Dukung Masyumi, Ustaz Abdul Somad: Umat Sudah Putus Asa )

Ibnu Hajar melanjutkan, “Dalam hadis lain disebutkan lebih gamblang lagi dari sekedar menyuapkan tangan ke mulut istri, yaitu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, disebutkan, ‘Dan berhubungan intim dengan istrinya juga terhitung sedekah!”

Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah seseorang yang melampiaskan syahwatnya juga mendapat pahala?” Rasulullah shallallahu alaihi wa wa sallam berkata, “Bagaimana menurut kalian bila ia melampiaskannya pada perkara yang haram?”

Imam An-Nawawi rahimahullah menjelaskan: “Jika demikian keadaannya -yakni dalam perkara yang dikehendaki oleh nafsu– tentu lebih layak bila ganjaran pahala itu diberikan atas perkara yang tidak dikehendaki nafsu!?”

(Baca juga : Akhirnya RCEP Kelar, Wamendag: Saatnya Genjot Daya Saing )

Ia melanjutkan, “Perumpamaan dengan menyuapkan tanga ke mulut istri tujuannya untuk lebih mempertegas kaidah ini. Sebab, bilamana menyuapkan tangan ke mulut istri sekai suap saja sudah berpahala, tentu pahala lebih layak diberikan kepada siapa yang memberi makan orang-orang yang membutuhkan makanan, atau mengerjakan amalan ketaatan yang tingkat kesulitannya lebih besar dari sesuap nasi yang diberikan kepada istri, yang tentu saja nilainya lebih rendah.”

Lebih dari itu dapat dikatakan, “Jikalau pahala diberikan kepadanya karena ia telah memberi makan istrinya, yang tentunya dia juga memperoleh keuntungan darinya. Sebab makanan itu akan membuat tubuh istrinya tampak lebih cantik . Dan biasanya nafkah yang ia berikan kepada istri lebih banyak didorong oleh faktor nafsu. Tentu berbeda dengan bersedekah kepada orang lain yang lebih banyak menuntut pengorbanan, wallahu a’lam.”

(Baca juga : DKI Jakarta Tempati Angka Kesembuhan Tertinggi )
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)