Kisah Hikmah : Perempuan Pemintal Benang

Senin, 23 November 2020 - 19:31 WIB
loading...
Kisah Hikmah : Perempuan Pemintal Benang
Kisah Rithah juga mengingatkan agar kita selalu mengarahkan cinta (mahabbah) tertinggi kita kepada yang memang berhak memilikiny, yakni Allah Taala. Foto ilustrasi/pinterest.
A A A
Kisah ini tentang seorang perempuan kaya raya namun hidupnya sangat kesepian. Terjadi di era sebelum Islam datang. Dialah Rithah Al Hamqa, perempuan Arab dari Bani Makhzum . Hari-harinya dilanda kesedihan karena jodohnya tak kunjung tiba. Padahal Rithah merupakan perempuan yang cukup jelita lagi banyak harta. Namun tetap saja tak ada pria yang bersedia meminangnya.

(Baca juga : Diam-diam Mendoakan Orang Lain, Salah Satu Sebab Terkabulnya Doa )

Dinukil dari “Kisah-kisah Al-Qur'an: Pelajaran dari Orang-orang Dahulu” karya Shalah A. Fattah Al-Khalidy, dikisahkan bahwa Rithah selalu dilanda kesedihan sepanjang hidupnya , karena jodoh yang tak kunjung tiba. Padahal Rithah merupakan perempuan yang cukup jelita lagi banyak harta . Namun tetap saja tak ada pria yang bersedia meminangnya .

Saat orang tuanya masih hidup, keduanya selalu mencari pasangan untuk Rithah. Ayahnya selalu mendatangi berhala dan meminta seorang mantu. Namun berhala yang hanya sebongkah batu berbentuk itu tentu tak bisa mengabulkannya. Ibunya sering pergi ke ahli nujum ingin melihat masa depan anaknya. Namun Ahli nujum tentu hanya bisa berdusta bahwa Rithah akan mendapat jodoh dalam waktu dekat.

(Baca juga : Bagaimana Cara Mengetahui Selesainya Masa Haid? )

Tahun demi tahun berlalu dengan amat sangat lambat dalam hidup Rithah. Musim demi musim dijalaninya dengan penantian yang tak berujung. Hingga orang tuanya meninggal, Rithah belum juga mendapat pasangan. Kini satu-satunya yang Rithah miliki hanyalah harta warisan .

Tak ada yang bisa menyibukkan hari-hari Rithah. Hartanya terlalu banyak hingga membuatnya tak perlu bekerja. Ia pun tak punya sahabat untuk dikunjungi. Setiap hari yang ia lakukan hanyalah menunggu seorang pria mengetuk pintu rumahnya. Namun ratusan bahkan ribuan hari berlalu, penungguan itu tetap sia belaka. Hingga usia Rithah pun tak lagi muda.

(Baca juga : Lakukan Amalan Ini Sebelum Memulai Aktivitas, Pahalanya Berlimpah )

Setelah menjadi perawan tua, Rithah tiba-tiba dikejutkan dengan sebuah kabar. Seorang kerabatnya dari Bani Tamim akan berkunjung. Bukan kunjungan biasa, sang kerabat membawa serta seorang pria muda bernama Sukhr yang akan melamar Rithah. Betapa girang hati Rithah. Penantian panjangnya kini berbuah, kesendiriannya akan berakhir sudah. Rithah pun menikah dengan Sukhr dan menjadi perempuan paling bahagia.

Namun ternyata kebahagiaan Rithah hanya sekedipan mata. Suaminya menghilang bak di telan bumi. Sukhr kabur membawa harta yang sangat banyak milik Rithah. Suami muda itu pun dicarinya. Namun ternyata Sukhr telah diusir dari kampungnya karena berbuat jahat bersama sekumpulan pemuda.

(Baca juga : Pengangguran Naik, Pemulihan Didorong lewat UU Cipta Kerja )

Rithah tak masalah jika suaminya seorang penjahat, asalkan ia tak hidup seorang diri. Ia pun mencari dan terus mencari. Setelah sekian lama mencari, ia pun bertemu dengan Sukhr. Namun betapa menyakitkan hati, ternyata Sukhr justru menolak dengan alasan Rithah terlalu tua untuk dirinya. Si pemuda jahat mengaku menikahi Rithah hanya karena ingin mengambil hartanya.

Betapa hancur hati Rithah. Ia pulang ke rumahnya untuk kembali menjadi seorang perempuan yang kesepian. Hari demi hari berlalu, Rithah menyendiri di rumahnya yang megah dengan harta yang tak kunjung habis meski sudah dicuri oleh suaminya. Setiap hari ia hanya bisa meratapi jalan hidupnya. Ia menangis siang dan malam tanpa henti.

(Baca juga : Hadapi Pandemi dan Resesi, PKS Minta Pemerintah Gandeng Tokoh dan Ulama )

Hingga suatu hari, Rithah memegang alat pintal milik ibunda. Ia kemudian memintal benang dengan alat tersebut. Keesokan harinya, Rithah nampak tak lagi berduka. Ia pergi ke pasar membeli banyak benang dan memanggil beberapa gadis ke rumahnya untuk memintal benang bersama. Para gadis dibayarnya sekian dirham untuk memintal benang di rumahnya. Demikian hari demi hari para gadis bekerja memintal benang untuk Rithah. Mereka selalu datang ke rumah Rithah dan menemaninya.

Namun siapa sangka, ternyata setiap malam, Rithah selalu mengurai benang yang telah dipintal kencang. Hasil pintalan itu tak pernah ia jual ataupun ia kenakan pribadi. Keesokan harinya, ia bersama para gadis memintalnya kembali. Namun malam hari Rithah akan menguraikan benang itu lagi dan lagi. Demikianlah aktivitas Rithah sehari-hari. Ia telah kehilangan akalnya. Kedukaan dan kesepiannya membuat Rithah menjadi perempuan bodoh lagi gila. Ia pun kemudian dikenal sebagai Rithah Al Hamqa yang berarti si bodoh Rithah.

Keshahihan kisah Rithah masih diperdebatkan para ahli tafsir. Mereka berbeda pendapat mengenai kisah wanita pemintal benang yang disebut dalam Al Qur’an sebagai sebuah perumpamaan yang sangat indah. Allah berfirman, “Dan janganlah kamu seperti perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat, menjadi tercerai berai kembali.” (QS. An Nahl: 92).

(Baca juga : Viral Jenazah Dibawa Pakai Motor di Bogor, Netizen: Ya Allah, Masih Ada Kayak Gini )

Si wanita pemintal benang menjadi perumpamaan bagi dua perkara. Pertama yakni tentang kaum yang melakukan perjanjian dengan Rasulullah agar tak melanggarnya. Lalu kedua yakni umat Islam yang telah beribadah dan melakukan banyak amalan di siang hari, hendaknya jangan merusaknya dan menyiakannya dengan melakukan maksiat di malam hari. Sebagaimana Rithah si wanita bodoh yang mengurai benang yang telah dipintalnya kuat-kuat.

Berserah Diri kepada Allah Semata

Benar tidaknya kisah mengenai Rithah, jalan ceritanya mengajarkan bahwa hanya Allah yang mampu mengabulkan doa seseorang. Bahwa para ahli nujum dan berhala-berhala tidak patut dipercaya serta disembah. Seperti difirmankan dalam surah al-Baqarah ayat 186. “Dan apabila hamba-Ku bertanya tentang Aku, maka jawablah bahwa Aku dekat. Aku mengabulkan doa orang-orang yang berdoa kepada-Ku…”

(Baca juga : Sampai Hari Ini Kominfo Temukan 1.237 Hoax Terkait COVID-19 )

Kepada Dialah asa semestinya digantungkan karena Allah menyukai orang-orang yang berdoa kepada-Nya dan Allah tidak akan pernah ingkar janji.

Melalui kisah ini, kita juga diingatkan untuk tidak cepat berputus asa dan selalu bersabar atas segala cobaan yang datang, seperti dinukilkan dari surah Al-Baqarah ayat 45: “Dan jadikanlah sabar dan halat sebagai penolongmu. Sesungguhnya yang demikian itu amat berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk, yaitu orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Rabbnya dan mereka akan kembali pada-Nya.”

Selain itu, sentiasa bersangka baik (husnudzan) kepada-Nya. Karena, sesuatu yang kita cintai atau sesuatu yang kita anggap baik (jodoh) belum tentu baik bagi kita menurut Allah. Begitu pula sebaliknya. Sesuatu yang kita anggap buruk bagi diri kita belum tentu buruk menurut Allah.

(Baca juga : Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka Munas X MUI )

“Boleh jadi kamu mencintai sesuatu padahal sesuatu itu amat buruk bagimu dan boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal itu amat baik bagimu. Kamu tidak mengetahui sedangkan Allah MahaMengetahui,” demikian surah Al-Baqarah ayat 216.

Kisah Rithah juga mengingatkan agar kita selalu mengarahkan cinta (mahabbah) tertinggi kita kepada yang memang berhak memilikinya. Cinta Rithah yang begitu tinggi justru diarahkan kepada manusia, yaitu suaminya yang justru tak pernah mau mencintainya.

Hal ini justru membuatnya hilang akal. Cinta yang tertinggi hanya patut dipersembahkan untuk Allah. “Adapun orang-orang yang beriman itu amat sangat cintanya kepada Allah.” (QS Al-Baqarah: 165)

Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3568 seconds (0.1#10.140)