7 Tipe Perempuan yang Tidak Layak Dinikahi

Selasa, 24 November 2020 - 15:04 WIB
loading...
7 Tipe Perempuan yang Tidak Layak Dinikahi
Pilihlah pasangan yang dapat mendukung kita bersama-sama untuk mencapai ridha Allah Taala. Foto ilustrasi/Ist
A A A
Jodoh itu ibarat buah semangka. Kulit luarnya hijau, tapi kita tidak tahu apakah isinya berwarna putih atau merah. Pilihlah pasangan yang dapat mendukung kita bersama-sama untuk mencapai ridha Allah Ta'ala.

"Pilihlah pasangan sesuai kesukaan dan ketidaksukaan kita. Misalnya laki-laki ingin istri yang tidak bekerja, maka sebelum menikah pilihlah calon istri yang sesuai keinginan kita. Jangan sampai setelah menikah baru timbul permasalahan," kata Syaikh Ahmad Al-Misri , Dai lulusan Mesir saat mengisi kajian Dhuha di Masjid Asy-Syarif Kompleks Sekolah Islam Al-Azhar, BSD, Tangerang Selatan.

(Baca Juga: Doa Agar Cepat Mendapat Jodoh Terbaik)

Syaikh Ahmad Al-Misri menerangkan ada 7 tipe perempuan yang tidak layak dinikahi. Ketujuh perempuan itu antara lain:

1. Banyak Mengeluh
Wanita yang suka mengeluh harus dijauhi. Apapun kondisinya ia mengeluh terus. Ada uang atau tidak ada uang, ia suka mengeluh.

2. Pura-pura Sakit Terus
Ini tipe perempuan yang pura-pura sakit. Setiap sebentar, aduh sakit. Dia seperti mendatangkan penyakit bagi orang di sekitarnya.

3. Selalu Rindu Kembali ke Keluarganya
Dia selalu bilang "kapan dong kembali ke keluarga". Wanita seperti itu akhlaknya kurang bagus.

4. Suka Mengungkit-ngungkit Kebaikan kepada Suami
Tipe perempuan seperti ini sering berkata, "Ah saya setiap hari nyapu, ngepel, masak". Padahal itu tugasnya, adapun suami tugasnya mencari nafkah.

5. Wanita yang Membebani Suami
Sudah tahu suami gajinya sekian, tapi meminta yang lebih. Seharusnya istri tidak boleh membebani suami. Ada suami yang mengeluh ke saya, istrinya selalu meminta tambahan sampai dia bilang kalau perlu saya lakukan yang haram. Na'udzubillahi min dzalik.

6. Selalu di Depan Kaca
Kerjanya dandan terus di depan kaca. Alisnya tipis, besok diperbarui. Ini wanita yang tidak baik karena menyia-yiakan tugasnya kepada suami, keluarga, dan Allah Ta'ala. Wanita boleh dandan dan itu ciri-ciri wanita, namun jangan berlebihan.

7. Selalu Berbicara Tentang Dirinya, Pekerjaannya dan Keluarganya
Tipe perempuan ini sering berkata, "Dulu saya begini, gara-gara kamu saya jadi gak kerja." Ini ciri-ciri perempuan yang tidak baik.

( )

Bagaimana Cara Memilih Istri Saleha?

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لأَرْبَعٍ: لِمَـالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِيْنِهَا، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

"Wanita dinikahi karena empat perkara: karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya. Maka pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya engkau beruntung." (HR Al-Bukhari)

( )

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)