Runtuhnya Logika Matematika, Pelajaran dari Perang Hunain

Sabtu, 26 Desember 2020 - 21:40 WIB
loading...
A A A
Pelajaran perang Hunain yang dikisahkan dalam Al-Qur'an ini semestinya juga menjadi pelajaran bagi kita dalam menjalani hidup ini. Karena, Al-Qur'an adalah panduan abadi muslimin. Bahwa tauhid itu mesti kokoh, murni, dan tak boleh terkotori setitik nila pun.

Barangkali secara tidak sadar dalam kehidupan ini, kita terkadang mengesampingkan Allah dan menomorsatukan logika matematika. Logika matematika itu penting, namun ingatlah ia hanya tools untuk menyusun strategi dan mengkalkulasi kekuatan dan kelemahan. Ketika logika matematika dijadikan sandaran atau tolak ukur kepastian keberhasilan atau ketidakberhasilan, di sinilah tauhid telah terkotori.

Bukankah jika logika matematika dijadikan acuan, seharusnya muslimin kalah dalam perang Badar? Dan, berjaya pada perang Hunain? Namun, faktanya tidak seperti itu. Sekali lagi perang Hunain memberikan pelajaran penting bagi kita agar proporsional dalam menempatkan logika. Agar iman (tauhid) tetap menjadi panglima dalam beramal dan berkarya.

Usai perang Hunain yang akhirnya dimenangkan oleh muslimin dengan pertolongan Allah, maka muslimin memperoleh ghanimah berlimpah. Semisal, 25.000 ekor unta, 40.000 ekor kambing, dan 40.000 uqiyah perak. Ada kisah tentang iman lagi pada episode ini yang membuat kaum Anshar menangis tersedu kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

Bagi siapa saja yang membaca penggalan kisah ini dengan penuh keinsyafan, pasti akan terbawa emosinya dan turut menitikkan air mata. Ah... kisah tentang iman ini memang selalu menyejukkan kalbu. Lain waktu akan saya tuliskan kisah ini. Insya Allah.

(Baca Juga: Saat Nabi Yusuf Terjepit, Beliau Selamat Berkat Burhan Tuhan)

Wallahu A'lam
Runtuhnya Logika Matematika, Pelajaran dari Perang Hunain
(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3116 seconds (0.1#10.140)