Doa Awal Tahun untuk Memohon Harapan dan Kebaikan Hidup

Jum'at, 01 Januari 2021 - 09:10 WIB
loading...
Doa Awal Tahun untuk Memohon Harapan dan Kebaikan Hidup
Berharaplah kepada Allah untuk meminta apa saja yang kita butuhkan selama itu masih berupa kebaikan untuk mencari ridha-Nya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Awal tahun adalah awal yang penuh harapan . Harapan dari semua hal, dan tentu saja mendapat kebaikan dalam perjalanan hidup yang akan dilalui kembali. Agar dapat terwujud harapan tersebut, tentu sebagai muslim kita berdoa dan meminta kepada Allah Ta'ala agar memberi semua kebaikan tersebut.

(Baca juga: Ganti Tahun, Tambah Umur, Tambah Pahala dan Amalan )

Salah satunya dengan membaca doa awal tahun. Dikutip dari As-Sayyid Al-Habib Utsman bin Yahya (Mufti Betawi) dalam Kitabnya Maslakul Akhyar, berikut doa awal tahun ini:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ وَسَلِّم
اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Waalihi Washahbihi Wasallim. Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

(Baca juga: Nasihat Bijak Para Ulama Tentang 'Waktu' di Dunia )

Artinya:

"Ya Allah berikan rahmat beserta keselamatan kepada Junjungan Kita Nabi Muhammad Dan Keluarga Serta Para Sahabatnya. Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini"

Selain berdoa di awal tahun, cara terbaik agar Allah mengabulkan harapan kita, adalah dengan berbaik sangka kepada-Nya. Yakinlah bahwa Allah itu Maha Pengampun, niscaya Dia pun akan mengampuni dosa hamba-Nya, serta akan memberi semua kebaikan yang kita inginkan.

(Baca juga: Memberi Kesenangan dan Bersenang-senang dengan Hati Suami )

Berharaplah kepada Allah untuk meminta apa saja yang kita butuhkan selama itu masih berupa kebaikan untuk mencari ridha-Nya.
Dalam keseharian, Rasulullah senantiasa mendidik dan mengarahkan para sahabatnya agar selalu berbaik sangka terhadap Allah.
Dari Jabir radhiyallahu'anhu dia berkata, aku mendengar Rasulullah tiga hari sebelum wafatnya beliau bersabda,

لاَ يَمُوتَنَّ أَحَدُكُمْ إِلاَّ وَهُوَ يُحْسِنُ بِاللَّهِ الظَّنَّ ( رواه مسلم، رقم 2877

“Janganlah seseorang di antara kalian meninggal dunia, kecuali dalam keadaan berbaik sangka terhadap Allah.” (HR Muslim).

(Baca juga: Jadi-Nggak Bikin Bank Syariah, Muhammadiyah Intip Dulu RUPS BSI )

Berbaik sangka kepada Allah adalah kenikmatan yang agung dan menjadi jaminan kebahagiaan hidup seseorang di dunia dan akhirat. Hadis Qudsi lengkap tentang sangkaan kepada Allah dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, dari Nabi SAW.

يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى : أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي وَأَنَا مَعَهُ إِذَا ذَكَرَنِي فَإِنْ ذَكَرَنِي فِي نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ في نَفْسِي وَإِنْ ذَكَرَنِي فِي مَلأٍ ذَكَرْتُهُ فِي مَلأٍ خَيْرٍ مِنْهُمْ وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ بِشِبْرٍ تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ ذِرَاعًا وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ ذِرَاعًا تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ بَاعًا وَإِنْ أَتَانِي يَمْشِي أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً (رواه البخاري، رقم 7405 ومسلم ، رقم 2675

”Sesungguhnya Allah berfirman, “Aku menurut prasangka hamba-Ku. Aku bersamanya saat ia mengingat-Ku. Jika ia mengingatku dalam kesendirian, Aku akan mengingatnya dalam kesendirian-Ku. Jika ia mengingat-Ku dalam keramaian, Aku akan mengingatnya dalam keramaian yang lebih baik daripada keramaiannya. Jika ia mendekat kepada-Ku sejengkal, Aku akan mendekat kepadanya sehasta. Jika ia mendekat kepada-Ku sehasta, Aku akan mendekat kepadanya se depa. Jika ia datang kepada-Ku dengan berjalan, Aku akan datang kepadanya dengan berlari.” (HR Bukhari dan Muslim).

(Baca juga: Ulama Muslim Pakistan Ikut Ditangkap dalam Pembakaran Kuil Hindu Berumur Seabad )

Doa Memohon Kebaikan dan Berprasangka Baik

Rasulullah senantiasa berdoa kepada Allah Ta’ala agar diberikan pertolongan untuk terus berbaik sangka kepada-Nya. Syaikh Abu Abdillah Muhammad bin Nashr Al-Maruzi dalam kitab Mukhtashar Qiyamil Lail wa Ramadhan wa Al-Witr menjelaskan tentang doa Rasulullah tersebut, yakni:
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1399 seconds (0.1#10.140)