Inilah Lantunan Suara-suara Paling Merdu yang Ada di Surga

Sabtu, 02 Januari 2021 - 15:09 WIB
loading...
Inilah Lantunan Suara-suara Paling Merdu yang Ada di Surga
Pohon-pohon di surga kelak akan memperdengarkan suara yang indah pula. Suara tersebut bahkan lebih indah daripada suara-suara indah di dunia. Foto ilustrasi/ist
A A A
Keindahan dan kenikmatan surga Allah Subhanahu wa ta'ala, sudah banyak dijelaskan dalam Al-Qur'an dan As Sunnah. Gambaran keindahannya tiada batas. Semuanya itu merupakan bentuk janji Allah sebagai ganjaran bagi hamba-Nya yang senantiasa melakukan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

(Baca juga : 3 Klasifikasi Hati yang Membuat Manusia Gampang Berubah )

Sebuah kenikmatan surga yang tidak pernah Allah berikan kepada siapapun di seluruh jagad raya , selain kepada orang-orang yang bertakwa. Dalam sebuah hadis diriwayatkan bahwa Allah berfirman: 'Aku sediakan bagi hamba-hamba-Ku yang saleh, kenikmatan ( surga ) yang belum pernah terlihat oleh mata, tiada pernah didengar oleh telinga, bahkan tiada pernah terlintas dalam benak khayal manusia (HR. Al-Bukhari).

Kenikmatan dan kesenangan yang ada di surga meliputi segala hal. Tak cuma sekadar makanan dan minuman yang lezat, serta pakaian dan sungai-sungai yang indah, melainkan juga termasuk suara-suara di dalamnya.

(Baca juga : Ketika Bepergian, Jangan Lupa Perhatikan 7 Adab Ini )

Mendengarkan suara yang merdu ini tentu akan memberikan kenikmatan sendiri. Selama di dunia, seluruh makhluk hidup sangat senang mendengarkan lantunan dan suara-suara merdu. Dan ternyata, suara merdu akan jauh lebih merdu lagi jika datangnya dari surga.

Dinukil dari kitab "Hadil Arwah ila Biladil Arafah" karya Ibnu Qayyim Al Jauziyah, berikut ini suara-suara merdu yang ada di surga. Di antaranya:

1. Suara bidadari

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Di surga ada tempat berkumpul para bidadari yang bernyanyi dengan suara sangat merdu yang tak pernah didengar sebelumnya. Para bidadari mendedangkan perkataan, ‘Kami abadi, tak akan mati. Kami adalah nikmat, tak akan menyusahkan. Kami selalu ridha, tak akan murka maupun mendapatkan murka. Sungguh bahagia orang yang menjadi milik kami dan kami milik mereka.’” (HR. at-Tirmidzi).

(Baca juga: Doa Awal Tahun untuk Memohon Harapan dan Kebaikan Hidup )

2. Suara Malaikat Israfil

Ibnu Abi Dunya Rahimahullah meriwayatkan dari Duhaim bin Fadhil yang diberitahu oleh Rawwal bin Jarah, dari Al Auza’i yang mengatakan, “Setahuku, tak ada makhluk Allah yang lebih merdu suaranya daripada Israfil. Allah Subhanahu wa ta’ala memerintahkannya untuk memperdengarkannya suaranya. Israfil pun bersuara hingga para malaikat di langit terhenti dari salat mereka. Kondisi ini berlangsung sesuai dengan kehendak Allah.

Allah lalu berfirman, ‘Demi keagungan-Ku! Jika hamba-hamba-Ku tahu keagungan-Ku, niscaya mereka tidak akan menyembah selain-Ku.’” (Ibnu Abi Dunya dalam Shifatul Jannah).

(Baca juga : Tahu dan Tempe Hilang dari Pasaran Mulai Hari Ini, Ada Lagi 4 Januari )

3. Suara Nabi Daud

Di antara para nabi, Nabi Daudlah yang paling terkenal akan kemerduan suaranya. Kelak di surga, para penghuni di dalamnya akan mendengar suara Nabi Daud yang indah.

Menurut Malik bin Dinar, di hari Kiamat, Allah akan memerintahkan para malaikat untuk meletakkan mimbar tinggi di surga, kemudian memerintahkan Nabi Daud untuk mengagungkan nama-Nya dengan suara indah Nabi Daud sebagaimana suarnaya dulu di dunia.

Allah berfirman, “Wahai Daud! Agungkanlah Aku sekarang juga dengan suaramu yang merdu itu.”

Kemudian Nabi Daud berkata, “Ya Allah! Bagaimana aku dapat mengagungkan nama-Mu, sementara Engkau telah cabut suara indahku di dunia?”
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1361 seconds (0.1#10.140)