Doa untuk Pengantin Baru Beserta Maknanya

Senin, 04 Januari 2021 - 08:38 WIB
loading...
Doa untuk Pengantin Baru Beserta Maknanya
Maksud memberi doa untuk penagnti adalah agar kedua mempelai saat menjalani kehidupan berumah tangga mendapatkan berkah saat dalam keadaan susah maupun senang dan selalu di jalan kebaikan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Tujuan pernikahan adalah untuk membina keluarga dan mendapatkan keturunan yang sah sesuai norma agama dan masyarakat , serta mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Menikah juga dapat membentengi diri dari perbuatan maksiat, mendapatkan rasa kasih sayang antar sesama dan mengikuti sunnah Rasul.

Dengan menikah maka akan memperluas tali persaudaraan karena mempersatukan keluarga dari pihak laki-laki dengan keluarga dari pihak perempuan. Selain itu juga, orang yang sudah berkeluarga akan dilipatgandakan pahala amalnya jika dibandingkan dengan yang belum menikah.

(Baca juga: Ingin Menikah? Inilah 9 Hadis tentang Pernikahan yang Menganjurkannya )

Agar tujuan tersebut tercapai oleh orang yang baru menikah atau pengantin baru. Selain mengucapkan selamat kepada kedua mempelai, Alangkah baiknya kita sebagai keluarga, kerabat, saudara dan teman saat menghadiri sebuah pernikahan mendoakannya.

Berikut doa untuk pasangan yang baru menikah:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Barakallahu laka, wa baraka 'alaika wa jama'a bainakuma fii khair.

"Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan." (HR. Abu Dawud)

Doa di atas merupakan doa yang diajarkan Rasulullah Saw kepada kita selaku umat Islam. Maksud doa tersebut agar kedua mempelai saat menjalani kehidupan berumah tangga mendapatkan berkah saat dalam keadaan susah maupun senang dan selalu di jalan kebaikan.

(Baca juga: Rajin Baca Shalawat Fatih, Kebuntuan Persoalan Hidup Akan Terurai )

Makna Doa untuk Pengantin

Makna doa untuk mengantin ini, banyak tersimpan kesempurnaan dan kebaikan, seperti:

1. Dalam doa untuk pengantin ini kita meminta keberkahan untuk kedua mempelai.

Sebagaimana kita berdoa, “Baarakallahu laka” (بَارَكَ اللهُ لَكَ) artinya semoga Allah memberi keberkahan padamu. Keberkahan berarti kebaikan dari Allah yang kian bertambah, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Keberkahan apa yang kita mintakan untuk keduanya? Yaitu, keberkahan dalam hal rezeki yang baik, halal, dan melimpah, serta keberkahan dalam kehidupan dalam penghidupan keduanya. Allah juga melimpahkan rezeki karena pernikahan.

Allah Ta'ala berfirman:

وَ اَنۡکِحُوا الۡاَیَامٰی مِنۡکُمۡ وَ الصّٰلِحِیۡنَ مِنۡ عِبَادِکُمۡ وَ اِمَآئِکُمۡ ؕ اِنۡ یَّکُوۡنُوۡا فُقَرَآءَ یُغۡنِہِمُ اللّٰہُ مِنۡ فَضۡلِہٖ ؕ وَ اللّٰہُ وَاسِعٌ عَلِیۡمٌ

“Dan, kawinkanlah orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan, Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Pengetahui.” (QS. An-Nur ayat 32)

(Baca juga: Karena Sombong, Sang Azazil yang Mulia menjadi Makhluk Terhina )

Ayat di atas memberikan pengertian kepada kita bahwa kalau mereka fakir, miskin, atau susah, tetapi menikah karena taat kepada Allah, maka Allah akan membukakan karunia-Nya kepada mereka.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)