Pandangan Islam Terhadap Syiah dan Ahmadiyah

Rabu, 06 Januari 2021 - 16:33 WIB
loading...
A A A
"Masalah sering muncul karena mereka masih merasa muslim, namun berbeda dengan ajaran Islam dalam hal-hal yang pokok. Seperti Ahmadiyah masalah kenabian dan kitab suci yang berbeda. Mereka memiliki kitab Tadzkirah dan meyakini Mirza Ghulam Ahmad sebagai nabi. Adapun bagi Ahmadiyah Lahore, dia adalah Mujaddid saja," kata Ustaz Farid.

Perbedaan dengan Syiah Rafidhah juga pokok yaitu menyikapi para sahabat Nabi, di mana mereka mencaci makinya bahkan sampai ada yang mengkafirkannya. Ini tidak bisa ditutup-tutupi.

"Belum lagi masalah tuduhan bahwa Al-Qur'an saat ini tidak lengkap, selebihnya disembunyikan para sahabat Nabi, dan sebagainya. Kaum syiah mungkin menyangkal ini tapi peneliti sunni dan sebagian syiah sendiri mengakuinya," terang Ustaz Farid.

Sebelumnya, Sekretaris Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu'ti meminta rencana mengafirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah harus dikaji terlebih dahulu dan dari banyak perspektif yang berbeda. Selain itu, Abdul Mu'ti mengatakan saat ini masyarakat Indonesia memerlukan suasana tenang. Sehingga, diharapkan tidak ada wacana yang membuat kegaduhan.

"Cuma sebaiknya dibuat kajian dulu dari banyak perspektif," ungkapnya.

(Baca Juga: Menag Akan Afirmasi Syiah dan Ahmadiyah, Muhammadiyah: Sebaiknya Dikaji Dulu)

Wallahu A'lam
(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)