Doa Agar Terhindar dari Kematian yang Buruk

loading...
Doa Agar Terhindar dari Kematian yang Buruk
Manusia diwajibkan berusaha agar dapat menghindar dari segala keburukan. Salah satunya dengan berdoa atau memperbanyak zikir. Foto/Ist
Setiap kematian maupun musibah seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir, tanah longsor, sudah tercatat dalam Lauhul Mahfuzh. Seperti saat ini di berbagai daerah Indonesia banyak terjadi bencana yang merenggut nyawa dan harta benda.

Tentu setiap muslim wajib meyakini kekuasaan Allah berupa Qadha dan Qadhar-Nya. Namun, manusia diwajibkan berusaha agar dapat menghindar dari segala keburukan. Salah satunya dengan berdoa atau memperbanyak zikir.

Baca Juga: Doa Rasulullah Saat Terjadi Bencana Alam

Para ulama menyebut, Qadha adalah ketetapan Allah di zaman Azali. Sementara Qadhar adalah ketetapan Allah atas apapun yang terjadi saat ini. Menurut Quraish Shihab, Qadha artinya kehendak Allah yang wujudnya sejak awal berkaitan dengan hal yang akan terjadi. Sementara Qadhar adalah perwujudan dari Allah yang mencakup hal-hal oleh qadha.



Jadi, musibah apapun menimpa seseorang tidaklah terjadi kecuali atas izin Allah Ta'ala. Allah menurunkan musibah dengan sebab akibat yang dikehendaki-Nya.Manusia diperintah untuk menghindari segala sesuatu yang buruk, karena Allah memberi manusia kemampuan untuk menghindari keburukan, maka upayakanlah itu. Selebihnya kita diperintah tawakkal kepada Allah.

"Dan Tuhanmu berfirman: 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina." (QS Ghafir [40]: 60)

Rasulullah صلى الله عليه وسلم pernah bersabda sebagaimana diriwayatkan Imam Ahmad bahwa tidak ada sesuatu yang lebih mulia bagi Allah dari doa. Dalam riwayat lainnya dari Abdullah bin Abiy al-Ja'di dari Tsawban Rasulullah bersabda:

لَا يَرُدُّ الْقَدَرَ إِلَّا الدُّعَاءُ

"Tidak ada yang menolak Al-Qadar kecuali doa." (HR Hakim)

Rasulullah صلى الله عليه وسلم juga bersabda: "Yang dapat menolak takdir hanyalah doa. Yang dapat menambah umur hanyalah amalan kebaikan." (HR at-Tirmidzi)

Berikut Doa Agar Terhindar dari Kematian Buruk
Di tengah banyaknya musibah yang terjadi di Tanah Air, ada baiknya kita memperbanyak doa ini. Ustaz Zulkifli Muhammad Ali lewat akunnya @zulkiflima membagikan doa ini sebagaimana diajarkan Rasulullah صلى الله عليه وسلم:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّيْ وَ الْهَدَمِ وَ الْغَرَقِ وَ الْحَرِيْقِ وَ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ يَّتَخَبَّطَنِيَ الشَّيْطَانُ عِنْدَ الْمَوْتِ وَ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَكُوْنَ فِيْ سَبِيْلِكَ مُدْبِرًا وَ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَمُوْتَ لَدِيْغًا⁣

Allahumma inni A'udzu Bika Minat-Taroddi wal Hadami wal Gharaqi wal Hariiqi wa A'udzu bika an Yatakhabbathaniyasy Syaithaan 'indal Mauti wa A'udzu Bika an Akuuna Fii Sabiilika Mudbiraa wa A'udzu Bika an Amuuta Ladiighaa.⁣

"Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kematian karena jatuh, tertimpa bangunan, tenggelam, terbakar, dan jangan sampai setan menguasaiku ketika aku mati Ya Rabb. Aku juga berlindung kepada-Mu mati ketika aku berpaling dari jalan-Mu. Kemudian aku juga berlindung kepada-Mu dari kematian yang disebabkan sengatan binatang Ya Allah Ya Rabb.⁣" (HR An-Nasai dan Al Hakim)

Semoga Bermanfaat

Baca Juga: Bencana Alam Bertubi-tubi, Jangan Lupa Membaca Doa Ini
(rhs)
cover top ayah
فَلَمَّا نَسُوۡا مَا ذُكِّرُوۡا بِهٖ فَتَحۡنَا عَلَيۡهِمۡ اَبۡوَابَ كُلِّ شَىۡءٍ ؕ حَتّٰٓى اِذَا فَرِحُوۡا بِمَاۤ اُوۡتُوۡۤا اَخَذۡنٰهُمۡ بَغۡتَةً فَاِذَا هُمۡ مُّبۡلِسُوۡنَ
Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami membukakan semua pintu kesenangan duniawi untuk mereka. Sehingga ketika mereka bergembira dengan pemberian itu, Kami siksa mereka secara tiba-tiba, maka ketika itu mereka terdiam putus asa.

(QS. Al-An’am:44)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video