Jenis Sujud dalam Islam dan Bacaan Doa Saat Mengamalkannya

loading...
Jenis Sujud dalam Islam dan Bacaan Doa Saat Mengamalkannya
Ketika sujud posisi seseorang benar-benar bentuk kepasarahan dan ketundukan manusia di hadapan Sang Khaliq, Allah Subhanahu wa taala. Foto istimewa
Dalam gerakan salat, ada posisi sujud yang kita lakukan. Sujud sendiri merupakan suatu gerakan yang memosisikan tubuh dengan menunduk begitu rendah hingga rata dengan tanah. Dimana posisi dahi, kedua lutut, kedua telapak tangan dan ujung kedua jari kaki menempel pada sajadah.

Baca juga: Tidak Menyulitkan Suami dengan Nafkah

Dalam rukun salat, sujud memiliki nilai lebih dibandingkan dengan rukun yang lain. Kenapa? Karena ketika sujud posisi seseorang benar-benar bentuk kepasrahan dan ketundukan manusia di hadapan Sang Khaliq, Allah Subhanahu wa ta'ala.

Selain sebagai rukun dan gerakan salat, ternyata dalam Islam ada beberapa jenis dan bentuk sujud. Bahkan sujud ini dianjurkan diamalkan pada beberapa keadaan. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah jenis-jenis sujud dan bacaan doa ketika melakukannya. Di antaranya:



Baca juga: Tingkatan Iman Manusia, Di Mana Posisi Kita?

1. Sujud rukun dalam salat

Pada setiap rakaat dalam shalat, baik salat fardhu maupun sunnah, kita wajib melakukan dua sujud. Salat dinilai tidak sah tanpa melakukan dua sujud dalam setiap rakaatnya. Hal ini karena dua sujud ini termasuk bagian dari rukun salat yang wajib dilakukan. Saat melakukan dua sujud ini, kita disunnahkan membaca doa berikut sebanyak tiga kali:

سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

Subhana robbiyal a’la wabihamdihi…”
halaman ke-1
cover top ayah
اَحَسِبَ النَّاسُ اَنۡ يُّتۡرَكُوۡۤا اَنۡ يَّقُوۡلُوۡۤا اٰمَنَّا وَهُمۡ لَا يُفۡتَـنُوۡنَ
Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, "Kami telah beriman," dan mereka tidak diuji?

(QS. Al-'Ankabut:2)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video