Amalan Jumat, Baca Sholawat 1000 Kali Kelak Diperlihatkan Kedudukannya di Surga

loading...
Amalan Jumat, Baca Sholawat 1000 Kali Kelak Diperlihatkan Kedudukannya di Surga
Al-Habib Quraisy Baharun mengajak umat Islam memperbanyak sholawat pada malam dan hari Jumat. Foto/Ist
Hari Jumat dalam kalender Hijriyah dimulai sejak masuknya maghrib pada Kamis malam. Allah mengistimewakan Jumat dan menjadikannya penghulu hari yang selayaknya pula kita muliakan. Adapun amalan yang paling dicintai Allah dan Rasul-Nya di hari Jumat adalah memperbanyak sholawat . Ada nilai ketika seseorang memperbanyak sholawat pada malam dan Hari Jumat.

Baca Juga: Pesan Syekh Ali Jaber tentang Amalan di Malam Jumat dan Hari Jumat

"Dalam risalah yang berjudul Al-Lum'ah fi Khasha’ishil Jumuah, Imam Jalaludin As-Suyuthi memasukkan amalan memperbanyak baca sholawat Nabi sebagai salah satu kekhususan hari Jumat," kata Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Al-Habib Quraisy Baharun.

Bahkan ketika menjelaskan topik ini Imam As-Suyuthi tampak memaparkannya agak lebih panjang dengan menyajikan banyak hadis-hadis ketimbang saat menjelaskan kebanyakan kekhususan amalan lainnya yang umumnya diutarakan hanya oleh satu-dua hadits saja.



Al-Hafizh As-Suyuthi menyebutkan beberapa hadis yang menunjukkan betapa besar keutamaan amalan memperbanyak baca shalawat Nabi pada hari Jumat, di antaranya adalah:

Diriwayatkan dari Aus bin Aus, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

ان من افضل ايامكم يوم الجمعة فيه خلق ادم و فيه قبض وفيه النفخة وفيه الصعقة فاكثروا من الصلاة علي فيه فان صلاتكم معروضة علي

"Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah Hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptaan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk."

Karena itu perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada hari Jumat, karena shalawat kalian akan dipersembahkan kepadaku".
halaman ke-1
cover top ayah
وَّمَا هُوَ بِقَوۡلِ شَاعِرٍ‌ؕ قَلِيۡلًا مَّا تُؤۡمِنُوۡنَۙ
Dan Al-Qur'an bukanlah perkataan seorang penyair. Sedikit sekali kamu beriman kepadanya.

(QS. Al-Haqqah:41)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video