Masuk Surga karena Amalan Atau Rahmat Allah? Simak Penjelasannya

loading...
Masuk Surga karena Amalan Atau Rahmat Allah? Simak Penjelasannya
Seseorang masuk surga dengan amal-amalnya yaitu dengan sebab-sebabnya, dan itu merupakan bagian dari rahmat Allah. Foto ilustrasi/Ist
Sebagian orang menilai, bahwa manusia masuk surga karena amal saleh yang diusahakannya. Hal ini diperkuat oleh firman-Nya: (yaitu) orang-orang yang diwafatkan dalam Keadaan baik oleh Para Malaikat dengan mengatakan (kepada mereka): "Salaamun 'alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan". (QS An- Nahl [16]: 32)

Juga ayat lainnya:

وَنُودُوا أَنْ تِلْكُمُ الْجَنَّةُ أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

"Dan diserukan kepada mereka: "ltulah surga yang diwariskan kepadamu, disebabkan apa yang dahulu kamu kerjakan." (QS. Al A’raf [7]: 43)



Dua ayat di atas dan juga hadits-hadits yang membicarakan amal-amal menuju surga, menunjukkan bahwa amal saleh -lah sebagai penentunya. Namun, ada pihak yang mengatakan bahwa manusia dimasukkan ke dalam surga adalah karena rahmat Allah Ta’ala semata, bukan karena amalnya. Mereka berdalil dengan beberapa hadits berikut:

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

لَنْ يُنَجِّيَ أَحَدًا مِنْكُمْ عَمَلُهُ قَالُوا وَلَا أَنْتَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ وَلَا أَنَا إِلَّا أَنْ يَتَغَمَّدَنِي اللَّهُ بِرَحْمَةٍ

"Tidak seorang pun di antara kalian yang akan diselamatkan oleh amal perbuatannya." Mereka bertanya: "Engkau pun tidak, wahai Rasulullah?" Rasulullah menjawab: "Aku juga tidak, hanya saja Allah melimpahkan rahmatNya kepadaku." (HR Al-Bukhari No. 6463 dan Muslim No. 2816)

Dari Jabir radhiallahu ‘anhu, aku mendengar bahwa Rasulullah bersabda:
halaman ke-1
cover top ayah
اَمۡ حَسِبَ الَّذِيۡنَ يَعۡمَلُوۡنَ السَّيِّاٰتِ اَنۡ يَّسۡبِقُوۡنَا‌ ؕ سَآءَ مَا يَحۡكُمُوۡنَ
Ataukah orang-orang yang mengerjakan kejahatan itu mengira bahwa mereka akan luput dari azab Kami? Sangatlah buruk apa yang mereka tetapkan itu!

(QS. Al-'Ankabut:4)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!