Bukan Kisah Nyata? Dua Malaikat Minum Khamr, Berzina, Lalu Membunuh Bayi

loading...
Bukan Kisah Nyata? Dua Malaikat Minum Khamr, Berzina, Lalu Membunuh Bayi
Ilustrasi/Ist
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Majmu’ Fatawa menulis seandainya sebagian masyarakat umum yang mendengar hadis dari tukang cerita dan aktivis dakwah , atau dia membaca hadis, yang baginya adalah populer, maka bukanlah hal itu menjadi patokan sama sekali.

"Betapa banyak hadis-hadis yang populer di masyarakat umum, bahkan di kalangan para ahli fiqih , kaum sufi , ahli filsafat dan sebagainya, lalu menurut pandangan ahli hadis ternyata hadis tersebut adalah tidak ada asalnya, dan mereka menegaskan hadis tersebut palsu”.

Salah satu kisah yang menarik yang disebut-sebut bersumber dari hadis namun diragukan kebenarannya adalah kisah kemaksiatan dua malaikat: Harut dan Marut . Begini Kisahnya:

Baca juga: Harut dan Marut Senang, Hukuman Akan Berakhir, Kiamat Sudah Dekat



Ketika Allah Taala menurunkan Adam ke bumi maka para malaikat berkata: “Wahai Rabb Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?”

Allah Taala berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”.

Para malaikat berkata: “Wahai Rabb kami kami lebih taat kepada-Mu dibandingkan dengan anak Adam”.

Allah Taala berfirman kepada para malaikat: “Pilihlah dua malaikat yang akan Aku turunkan ke muka bumi dan kita lihat apa yang diperbuat keduanya”.

Para malaikat berkata: “Harut dan Marut”.
halaman ke-1
cover top ayah
وَلَقَدۡ خَلَقۡنَا الۡاِنۡسَانَ وَنَعۡلَمُ مَا تُوَسۡوِسُ بِهٖ نَفۡسُهٗ ۖۚ وَنَحۡنُ اَقۡرَبُ اِلَيۡهِ مِنۡ حَبۡلِ الۡوَرِيۡدِ
Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya.

(QS. Qaf:16)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!