Kiat Mudah Agar Bangun Malam untuk Sholat Tahajud

loading...
Kiat Mudah Agar Bangun Malam untuk Sholat Tahajud
Sholat tahajud adalah sarana meraih keridhaan Allah, kecintaan para Malaikat, dan sunnah para Nabi. Foto/Ist
Banyak dalil yang menganjurkan untuk bangun malam dan mendirikan Qiyamullail (sholat malam). Tahajud berasal dari kata "Tahajjada" yang berarti bangun dari tidur.

Bagi sebagian orang sholat-tahajud ini mungkin terasa berat, tetapi keutamaannya sangat dahsyat. Sholat tahajud adalah sarana meraih keridhaan Allah, kecintaan para Malaikat, sunnah para Nabi, cahaya pengetahuan, kebencian para setan, (sarana) terkabulnya doa, keberkahan bagi rezeki, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: 9 Keutamaan Salat Tahajud, 5 di Antaranya Diraih di Dunia

Di antaranya firman Allah:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

"Dan pada sebagian malam hari bersalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji." (QS Al-Isra': 79)

Tips Mudah Agar Bangun Malam untuk Sholat Tahajud
Agar mudah bangun malam untuk melaksanakan Qiyamullail, seseorang perlu mempunyai tekad yang kuat dan mengamalkan kiat-kiat khusus berikut:

1. Berdoalah kepada Allah Ta'ala agar dipermudah dalam beribadah kepada-Nya karena salat malam adalah salah satu hidangan (karunia) istimewa.

2. Hindari maksiat, sebab menurut pengalaman Sufyan Ats-Tsauri, "Aku sulit sekali melakukan Qiyamullail selama 5 bulan disebabkan satu dosa yang aku lakukan."

3. Pelajari fadhilah (keutamaan) dan keistimewaan qiyamulail. Dengan begitu kita akan termotivasi untuk melaksanakannya.

4. Tumbuhkan tekad kuat dan perasaan sangat ingin bermunajat dengan Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

5. Agar bangun tengah malam, minta tolong atau janjian dengan saudara atau sahabat dekat semahrom untuk saling membangunkan, bisa juga dengan menggunakan media Handphone.

6. Buat kesepakatan dengan istri dan anak-anak bahwa keluarga punya program Tahajud bersama sekali atau dua malam dalam sepekan.

7. Aturlah aktivitas di siang hari agar malamnya tidak kelelahan. Sehingga tidak membuat Anda tidur terlalu lelap.

8. Makan malam jangan terlalu kenyang dan jangan lupa pasang alarm sebelum tidur.

9. Tidurlah lebih awal sebelum jam 10 malam. Jangan lupa baca zikir: Subhanallah 33 kali, Alhamdulillah 33 kali, Allahu Akbar 33 kali. Diakhiri Laa ilaaha illallahu wahdahu Laa Syariika lah, lahul mulku walahul hamd, yuhyi wayumiit, wahuwa ala kulli syayin qadiir 1 kali.

Baca Juga: Alhamdulillah! Ini Manfaat Salat Tahajud dalam Perspektif Medis

Semoga Bermanfaat
(rhs)
preload video