50 Hari Menjelang Ramadhan, Siapkan Bekal dan Perbanyak Doa Ini

loading...
50 Hari Menjelang Ramadhan, Siapkan Bekal dan Perbanyak Doa Ini
Tak terasa 50 hari lagi, bulan suci Ramadhan akan menyapa umat Islam. Foto/SINDOnews
Belum hilang memori indahnya Ramadhan 1441 H, kini umat Islam akan kembali kedatangan tamu istimewa tersebut. Hari ini kita telah masuki hari ke-10 bulan Rajab 1442 Hijriyah bertepatan Senin, 22 Februari 2021. Dengan demikian, 50 hari lagi bulan suci Ramadhan akan menyapa umat Islam. Sudahkan kita siap menyambutnya?

Menurut perhitungan kalender Hijriyah, awal Ramadhan 1442 Hijriyah akan jatuh pada Hari Selasa 13 April 2021. Namun, kepastiannya masih menunggu Rukyatul Hilal dari Kementerian Agama.

Baca Juga: Muhammadiyah: Puasa Ramadhan Mulai 13 April

Abu Bakar Al-Warroq Al-Balkhi rahimahullah berkata: "Bulan Rajab adalah bulan untuk menanam. Sya'ban adalah bulan menyirami tanaman, dan Ramadhan adalah bulan panen tanaman tersebut".



Beliau juga mengatakan: "Perumpamaan bulan Rajab adalah seperti angin, perumpamaan bulan Sya'ban seperti awan. Sedangkan perumpamaan bulan Ramadhan adalah seperti hujan". (Lathaiful Ma'arif Hal 121)

Seperti diketahui, Rajab merupakan bulan yang diagungkan Allah bersama tiga bulan lainnya Dzulqa'dah, Dzulhijjah dan Muharram. Para ulama menyifati Rajab sebagai bulan bertobat dan memperbanyak istighfar. Dalam satu Hadis Nabi صلى الله عليه وسلم, beliau bersabda: "Sesungguhnya Rajab adalah Bulannya Allah, Sya'ban adalah bulanku dan Ramadhan adalah bulan umatku."

Jika dianalogikan, Rajab bulan Istighfar; Sya'ban bulan memperbanyak bersholawat; Ramadhan menghidupkan Al-Qur'an.

Rajab merupakan pintu gerbang menuju bukan suci Ramadhan. Para salafussaleh terdahulu, setiap menjelang Ramadhan mereka melakukan persiapan yang luar biasa. Syekh Al-Fauzan pernah ditanya: "Bagaimana keadaan salafussaleh menyambut bulan yang agung ini?

Beliau berkata: "Keadaan salaf di bulan Ramadhan, sebagaimana hal itu telah tercatat dalam kitab-kitab yang diriwayatkan dengan sanad yang terpercaya. Para salaf senantiasa memohon kepada Allah agar menyampaikan/mengantarkan mereka sehingga bisa menjumpai Ramadhan, yaitu sebelum masuknya bulan itu."
halaman ke-1
cover top ayah
اِنَّمَا الۡمُؤۡمِنُوۡنَ اِخۡوَةٌ فَاَصۡلِحُوۡا بَيۡنَ اَخَوَيۡكُمۡ ‌ۚ‌وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُوۡنَ
Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu yang berselisih dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.

(QS. Al-Hujurat:10)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video