Mengangkat Kedua Tangan Saat Berdoa, Bid'ahkah?

Selasa, 23 Februari 2021 - 12:31 WIB
loading...
Mengangkat Kedua Tangan Saat Berdoa, Bidahkah?
Menengadahkan kedua tangan ketika berdoa adalah suatu hal yang disyariatkan dan bahkan termasuk salah satu adab berdoa. Foto/Ist
A A A
Ada seorang yang bertanya apakah mengangkat kedua tangan saat berdoa itu bid'ah? Sebab beliau membaca sebuah buku yang menyatakan seperti itu. Benarkah demikian?

Mari kita simak penjelasan Ustaz Farid Nu'man Hasan tentang hukum mengangkat tangan ketika berdoa. Tentang mengangkat tangan dalam berdoa telah dijelaskan dalam berbagai riwayat. Di antaranya:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu:

ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيْلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ، يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاء،ِ يَا رَبِّ يَا رَبِّ، وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ ،وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ، وملبسه حرام وَغُذِيَ بِالحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لذلك

Lalu Beliau ( Rasulullah ) menyebutkan ada seorang laki-laki dalam sebuah perjalanan yang jauh, kusut dan berdebu, dia menengadahkan kedua tangannya ke langit: "Wahai Rabb, wahai Rabb," sedangkan makanannya haram, minumannnya haram, pakaiannya haram dan dia dikenyangkan dengan yang haram, bagaimana bisa doanya dikabulkan?" (HR Muslim No 1015)


Dari Salman radhiallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إنَّ ربكم تبارك وتعالى حَيِيٌّ كريم يستحي من عبده إذا رفع يديه إليه أن يردهما صفراً

"Sesungguhnya Rabb kalian Tabaraka wa Ta’ala yang Maha Pemalu, merasa malu terhadap hambaNya jika dia mengangkat kedua tangannya kepadaNya, dia mengembalikan kedua tangannya dalam keadaan kosong.” (HR At Tirmidzi No. 3556, katanya: hasan gharib)

Riwayat di atas menunjukkan bahwa menengadahkan kedua tangan ketika berdoa adalah suatu hal yang disyariatkan. Bahkan termasuk dari adab berdoa yang dengannya doa bisa dikabulkan, dan jelas-jelas bukan bid’ah. Sebenarnya masih banyak dalil lainnya.

Syekh Ibnul ‘Utsaimin rahimahullah mengatakan: "Membentangkan kedua tangan ke langit termasuk sebab dikabulkannya doa, sebagaimana hadits: Sesungguhnya Allah Yang Maha Malu dan Mulia, merasa malu terhadap hambaNya jika dia mengangkat kedua tangannya kepadaNya lalu dia mengembalikan keduanya dalam keadaan kosong." (Syarhul Arbain An Nawawiyah, Hal. 138)

Kapan Berdoa dengan Mengangkat Kedua Tangan?
Berikut ini adalah sunnah berdoa mengangkat kedua tangan yang dinukil dari berbagai riwayat.

1. Doa Menjelang Perang
2. Doa Ketika Meminta Hujan (Istisqa')
3. Doa Ketika Gerhana
4. Doa Setelah Shalat
5. Doa Nabi untuk Sayyidina Utsman,
6. Doa Nabi untuk Sa’ad bin ‘Ubadah,
7. Doa Nabi ketika Fathul Makkah,
8. Doa Nabi untuk umatnya,
9. Doa Nabi ketika memboncengi Usamah

Semuanya dengan sanad shahih dan jayyid, dan menyebutkan bahwa Nabi Muhammad mengangkat kedua tangannya ketika memanjatkan doa-doa tersebut. (Fathul Bari, 11/142)

Semua data ini menjadi hujjah yang kuat sunahnya mengangkat kedua tangan saat berdoa pada kondisi khusus dan umum. Bukan hanya pada saat setelah shalat sunah rawatib sebagaimana yang dilakukan sebagian orang.


Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1899 seconds (0.1#10.140)