Mengangkat Kedua Tangan Saat Berdoa, Bid'ahkah?

loading...
Mengangkat Kedua Tangan Saat Berdoa, Bidahkah?
Menengadahkan kedua tangan ketika berdoa adalah suatu hal yang disyariatkan dan bahkan termasuk salah satu adab berdoa. Foto/Ist
Ada seorang yang bertanya apakah mengangkat kedua tangan saat berdoa itu bid'ah? Sebab beliau membaca sebuah buku yang menyatakan seperti itu. Benarkah demikian?

Mari kita simak penjelasan Ustaz Farid Nu'man Hasan tentang hukum mengangkat tangan ketika berdoa. Tentang mengangkat tangan dalam berdoa telah dijelaskan dalam berbagai riwayat. Di antaranya:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu:

ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيْلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ، يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاء،ِ يَا رَبِّ يَا رَبِّ، وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ ،وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ، وملبسه حرام وَغُذِيَ بِالحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لذلك



Lalu Beliau ( Rasulullah ) menyebutkan ada seorang laki-laki dalam sebuah perjalanan yang jauh, kusut dan berdebu, dia menengadahkan kedua tangannya ke langit: "Wahai Rabb, wahai Rabb," sedangkan makanannya haram, minumannnya haram, pakaiannya haram dan dia dikenyangkan dengan yang haram, bagaimana bisa doanya dikabulkan?" (HR Muslim No 1015)

Baca Juga: Anjuran Berdoa dan Keutamaan Mendoakan Orang Lain

Dari Salman radhiallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إنَّ ربكم تبارك وتعالى حَيِيٌّ كريم يستحي من عبده إذا رفع يديه إليه أن يردهما صفراً

"Sesungguhnya Rabb kalian Tabaraka wa Ta’ala yang Maha Pemalu, merasa malu terhadap hambaNya jika dia mengangkat kedua tangannya kepadaNya, dia mengembalikan kedua tangannya dalam keadaan kosong.” (HR At Tirmidzi No. 3556, katanya: hasan gharib)

Riwayat di atas menunjukkan bahwa menengadahkan kedua tangan ketika berdoa adalah suatu hal yang disyariatkan. Bahkan termasuk dari adab berdoa yang dengannya doa bisa dikabulkan, dan jelas-jelas bukan bid’ah. Sebenarnya masih banyak dalil lainnya.
halaman ke-1
cover top ayah
مَا يَلۡفِظُ مِنۡ قَوۡلٍ اِلَّا لَدَيۡهِ رَقِيۡبٌ عَتِيۡدٌ
Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat).

(QS. Qaf:18)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video