Keutamaan Sholat Tahajud Selama 40 Hari

loading...
Keutamaan Sholat Tahajud Selama 40 Hari
Siapa yang melakukan sholat Tahajud selama 40 malam berturut-turut, maka akan meraih keutamaan luar biasa. Foto/Ist
Shalat malam (Tahajud) adalah sebaik-baik sholat setelah sholat fardhu. Sholat Tahajud merupakan sholat paling utama yang dapat mengantarkan seseorang ke tempat terpuji.

Tahajud berasal dari kata "Tahajjada" yang berarti bangun dari tidur.Inilah sholat malam yang dikerjakan setelah Isya hingga terbit Fajar atau menjelang Subuh. Syaratnya harus dikerjakan setelah tidur, walaupun tidurnya hanya sebentar.

Baca Juga: Alhamdulillah! Ini Manfaat Salat Tahajud dalam Perspektif Medis

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

"Dan pada sebagian malam hari bersalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS Al-Isra': 79)

Keistimewaan 40 Hari
Sholat Tahajud bagi sebagian orang mungkin terasa berat, namun jika dikerjakan secara istiqomah (terus menerus) akan mendatangkan banyak kebaikan dan kemuliaan.



Lalu, apa kaitan Sholat Tahajud dengan waktu 40 hari? Sebenarnya sholat Tahajud tidak harus dikerjakan selama 40 hari. Para ulama dan salafussaleh terdahulu tidak pernah melewatkan malamnya kecuali mereka mendirikan sholat malam (qiyamullail).

Untuk diketahui, angka 40 merupakan bilangan yang menunjukkan kematangan baik agama maupun hal lainnya. Melihat proses penciptaan manusia, bahwa ia diciptakan dalam 3 fase yaitu: fase nutfah selama 40 hari, fase alaqah selama 40 hari dan fase mudgah selama 40 hari. Kemudian Allah memerintahkan Malaikat meniupkan ruh padanya.

Waktu 40 hari adalah lamanya sebuah proses yang dibutuhkan untuk mencapai sebuah kematangan. Angka 40 juga dapat dikaitkan dengan-pengangkatan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم sebagai utusan Allah (Rasul) pada usia 40 tahun.

Imam as-Syaukani rahimahullah berkata, "Para ahli tafsir berkata bahwa Allah Ta'ala tidak mengutus seorang Nabi kecuali jika telah mencapai umur 40 tahun." (Tafsir Fathul Qadir: 5/18)

Keikhlasan seseorang beribadah dalam masa 40 hari terutama sholat Tahajud akan memunculkan kemuliaan bagi seseorang. Hatinya akan dipenuhi cahaya dan lisannya akan terjaga. Dalam satu hadis, Nabi bersabda tentang keutamaan shalat fardhu berjamaah selama 40 hari. Dari Anas bin Malik, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Siapa yang melaksanakan shalat karena Allah Ta'ala selama 40 hari berjamaah, tidak ketinggalan Takbiratul Ihram. Maka dituliskan baginya dijauhkan dari dua perkara, yaitu dari neraka dan dijauhkan dari kemunafikan." (HR At-Tirmidzi)

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Tidak ada seorang hamba yang ikhlas mengerjakan amal karena Allah selama 40 hari kecuali akan muncul pancaran Nur-nur hikmah dari hati sampai ke lisannya." (HR Ibnul Addy dan Ibnul Juuzy dari Abi Musa Al-Asyary).

Dalam Al-Qur'an, Allah mengabadikan kisah Nabi Musa 'alahissalam , diceritakan bahwa Allah menurunkan kitab Taurat dalam masa 30 hari, namun kemudian ditambah 10 hari sebagai proses penyempurnaan dari ibadah yang dilakukan oleh Nabi Musa.

... وَوَاعَدْنَا مُوسَىٰ ثَلَاثِينَ لَيْلَةً وَأَتْمَمْنَاهَا بِعَشْرٍ فَتَمَّ مِيقَاتُ رَبِّهِ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً ۚ ‌

"Dan telah Kami janjikan kepada Musa (memberikan Taurat) sesudah berlalu waktu 30 malam, dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi), maka sempurnalah waktu yang telah ditentukan Tuhannya 40 malam..." (QS Al-A'raf Ayat 142)

Itulah keistimewaan 40 hari. Sebagaimana hadis Nabi tentang keutamaaan beramal saleh selama 40 hari, para Ulama mengatakan: "Siapa yang melakukan sholat Tahajud selama 40 malam berturut-turut, maka akan memiliki keutamaan luar biasa, doanya mustajab dan segala kebutuhannya dimudahkan oleh Allah."

Mudah-mudahan Allah memberi kita taufik-Nya agar bisa mengamalkan sholat Tahajud 40 hari berturut-turut. Bagi yang istiqamah mengerjakannya setiap malam hal itu merupakan karunia besar Allah. Semoga Allah mengangkat kita ke tempat terpuji dan dimudahkan dalam beramal saleh.

Baca Juga: Kiat Mudah Agar Bangun Malam untuk Sholat Tahajud

Wallahu A'lam
(rhs)
cover top ayah
وَّاسۡتَغۡفِرِ اللّٰهَ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ غَفُوۡرًا رَّحِيۡمًا‌
Mohonkanlah ampunan kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. An-Nisa:106)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!