Ada 4 Tipe Jodoh, Manakah Tipe Jodoh Kita?

Rabu, 03 Maret 2021 - 18:14 WIB
loading...
A A A
3. Tipe jodoh di dunia dan akhirat, namun berakhir di neraka

Tipe selanjutnya adalah suami dan istri yang berjodoh di dunia hingga akhirat, namun justru sama-sama berakhir di neraka. Mereka adalah suami dan istri yang kompak melakukan maksiat dan dosa. Saling mendukung tapi dalam hal kejahilan.

Dalam hal ini Al Qur’an menggambarkan tipe kedua ini dalam kisah Abu Lahab dan Ummu Jamil. Mereka adalah sepasang suami istri yang solid menentang Rasulullah dan Allah. Menghasut tetangga agar tidak beralih ke agama Islam.

“Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia! Tidaklah berguna baginya hartanya dan apa yang dia usahakan. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak (neraka). Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar (penyebar fitnah). Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal.” (QS. Al Lahab: 1-5).

Tipe atau kategori seperti Abu Lahab ini tentu jangan sampai berlaku pada kita dan pasangan kelak.



4. Tipe jodoh di dunia dan akhirat, kemudian berakhir di Jannah

Sebaliknya, tipe jodoh yang terakhir inilah yang jadi impian para suami dan istri. Harmonis di dunia, lalu meninggal, kemudian bertemu lagi di surganya Allah Subhanahu wa ta'ala. Merekalah yang menikah dengan tujuan ibadah dan segala yang dilakukan berdua adalah untuk mengharap ridha Allah.

Tipe jodoh yang keempat ini tidak hanya akan saling bertemu antara suami dan istri, melainkan juga bersama anak dan cucu-cucunya.

Allah berfirman,

وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَٱتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُم بِإِيمَٰنٍ أَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَآ أَلَتْنَٰهُم مِّنْ عَمَلِهِم مِّن شَىْءٍ ۚ كُلُّ ٱمْرِئٍۭ بِمَا كَسَبَ رَهِينٌ

“Dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya." (QS. at-Tur: 21).



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2500 seconds (0.1#10.140)