Sejarah Nuzulul Qur'an dan Amalan yang Dianjurkan

Rabu, 05 April 2023 - 21:44 WIB
loading...
Sejarah Nuzulul Quran dan Amalan yang Dianjurkan
Nuzulul Quran tahun ini diperingati pada malam 17 Ramadan atau jatuh pada Jumat malam (7 April 2023). Foto/ist
A A A
Sejarah Nuzulul Qur'an dan keutamaannya perlu diketahui kaum muslim untuk menambah khazanah dan kecintaan terhadap Al-Qur'an. Tahun ini Nuzulul Qur'an diperingati pada malam 17 Ramadan yang jatuh pada Jumat malam (7 April 2023).

Sejarah Nuzulul Qur'an (نزول القران) atau turunnya Al-Qur'an memiliki dua proses penurunan. Pertama, diturunkan sekaligus dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah (langit dunia) ditandai dengan kata Anzala (انزل). Kedua, Al-Qur'an diturunkan secara berangsur dari langit dunia kepada Nabi Muhammad SAW.

Yang pertama berdasar kepada firman Allah:

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam Qadar." (QS Al-Qadar ayat 1)

Sedangkan yang kedua, diturunkan secara berangsur dari langit dunia kepada Nabi Muhammad SAW ditandai dengan kata Nazzala (نزّل). Ada juga yang mengatakan bahwa Al-Qur'an diturunkan dalam tiga proses.

Dalam hal ini para ulama berbeda pendapat. Pimpinan Dewan Syariah Daarul Qur'an, KH Ahmad Kosasih menjelaskan, ada ayat Al-Qur'an yang di dalamnya terdapat kata Anzala dan Nazzala sekaligus yaitu Suarat Ali Imran ayat 3, Allah berfirman:

نَزَّلَ عَلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَاَنْزَلَ التَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَۙ

Artinya: "Dia menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) yang mengandung kebenaran, membenarkan (kitab-kitab) sebelumnya, dan menurunkan Taurat dan Injil." (QS Ali Imran ayat 3)

Dari ayat di atas diketahui bahwa Al-Qur'an diturunkan secara berangsung-angsur (نزّل). Proses turunnya Al-Qur'an secara berangsur ini merupakan pendapat paling masyhur. Hal ini ditandai dengan turunnya wahyu pertama kepada kepada Nabi Muhammad SAW yaitu Surat Al-'Alaq ayat 1-5:

....اِقۡرَاۡ بِاسۡمِ رَبِّكَ الَّذِىۡ خَلَقَ‌ۚ


Semua ulama sepakat bahwa turunnya Al-Qur'an terjadi pada bulan Ramadan yaitu pada malam (Lailatul) Qadar, namun tanggal dan tahunnya tidak diketahui pasti. Hanya Allah saja yang mengetahui pasti tanggal dan tahunnya.

Menurut Ustaz Ahmad Sarwat Lc dalam satu kajiannya, ada beberapa keterangan menyebutkan waktu turunnya Al-Qur'an. Yaitu pada 10 malam terakhir Ramadan. Ada juga yang mengatakan pada malam pertama Ramadhan, malam 17, malam 19 dan 10 malam pertengahan Ramadan.

Pendapat yang mengatakan bahwa Al-Qur'an diturunkan pada malam 17 Ramadan didasarkan pada Hadits berikut:

عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَال : مَا أَشُكُّ وَلاَ أَمْتَرِي أَنَّهَا لَيْلَةُ سَبْعَ عَشْرَةَ مِنْ رَمَضَانَ لَيْلَةَ أُنْزِل الْقُرْآنُ

Artinya: "Dari Zaid bin Arqam radhiyallahu 'anhu berkata, "Aku tidak ragu bahwa malam 17 Ramadhan adalah malam turunnya Al-Qur'an." (HR Ath-Thabarani dan Abu Syaibah).

Amalan yang Dianjurkan
Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa Nuzulul Qur'an diturunkan pada bulan Ramadan (malam Lailatul Qadar). Maka barangsiapa yang beribadah pada malam itu maka diampuni dosa-dosanya.

Hal ini diterangkan dalam Hadis:

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: "Barangsiapa melaksanakan sholat (qiyam) pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR Al-Bukhari 1901)

Karena itu, dianjurkan menghidupkan malam Nuzulul Qur'an dengan dzikir, sholat malam, membaca dan mentadabburi Al-Qur'an. Semoga bermanfaat.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1266 seconds (0.1#10.140)