Amalan Jumat! Baca Sholawat Ini 80 Kali, Dosa 80 Tahun Diampuni

Kamis, 04 Maret 2021 - 22:38 WIB
loading...
Amalan Jumat! Baca Sholawat Ini 80 Kali, Dosa 80 Tahun Diampuni
Setiap sholawat yang dibaca kaum muslimin akan diperlihatkan kepada Nabi Muhammad setiap Jumat. Foto/Ist
A A A
Salah satu amalan Jumat yang paling banyak mendatangkan pahala adalah membaca sholawat atas Nabi. Barangsiapa tak mampu menghidupkan puasa atau qiyamullail, hendaklah ia menyibukkan diri dengan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.


Keutamaan bersholawat pada Hari Jumat diterangkan dalam banyak Hadis. Di antaranya hadis berikut:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

"Perbanyaklah sholawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena sholawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari Kiamat nanti". (HR Al-Baihaqi)

Bagi yang ingin menghidupkan sholawat di hari ini, ada satu lafaz sholawat yang memiliki fadhillah luar biasa. Hanya membaca sholawat ini 80 kali di hari Jumat, Allah akan mengampuni dosa kita selama 80 tahun.

Berikut sabda Nabi صلى الله عليه وسلم dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ثَمَانِينَ مَرَّةً غُفِرَ لَهُ ذُنُوبُ ثَمَانِينَ سَنَةٍ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ الصَّلَاةُ عَلَيْك قَالَ تَقُولُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِك وَنَبِيِّك وَرَسُولِك النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَتَعْقِدُ وَاحِدَةً

"Barangsiapa yang bersholawat kepadaku hari Jumat sebanyak 80 kali niscaya Allah mengampuni dosanya selama 80 tahun." Ada yang bertanya kepada beliau: "Wahai Rasulullah, bagaimanakah cara bersholawat atasmu? Beliau menjawab: "Ucapkanlah 'Allahumma sholli 'ala Muhammadin 'Abdika wa Rasulika An-Nabiyyil Ummiy, ini dihitung sekali".

Derajat Hadis:
Menurut Al-Hafizh Al-Iraqi sebagaimana dikutip oleh Al-Hafizh Assakhawi adalah Hadis Hasan. Menurut Imam Ibnu An-Nu'man juga Hadis Hasan.

Berikut Lafaz Sholawatnya:

اَللّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ

Allahumma Sholli 'Alaa Muhammadin 'Abdika wa Rosulika An-Nabiyyil Ummi.

Artinya:
Ya Allah, limpahkanlah sholawat-Mu kepada Muhammad, hamba, Nabi dan Rasul-Mu, seorang Nabi yang ummi.



Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2653 seconds (0.1#10.140)