Selain Makkah dan Madinah, 8 Kota Ini Tercantum dalam Al Qur'an

Selasa, 09 Maret 2021 - 14:50 WIB
loading...
A A A


Kisah penduduk Saba’ sangat terkenal hingga nama kotanya dijadikan salah satu nama surah dalam Al Qur’an. Kota ini merupakan wilayah kekuasaan Ratu Balqis yang kemudian beriman dan menjalankan syariat yang diturunkan kepada Nabi Sulaiman.

Saba’ terkenal dengan bendungannya yang besar, yakni Bendungan Ma’rib. Bendungan inilah yang kemudian bobol akibat kaum Saba’ yang ingkar kepada Allah. Kota ini terletak di wilayah Yaman namun kini tak lagi tersisa jejaknya.

5. Mesir

Nabi Musa merupakan utusan Allah yang paling banyak disebut kisahnya dalam Al Qur’an. Karena itulah Kota Mesir pun beberapa kali disebut dalam kitabullah. Belum lagi adanya kisah Nabi Yusuf yang juga berlatar di Negeri Pyramida tersebut. Penyebutan Mesir di antaranya ada di Surah Yunus, Yusuf, Az Zukhruf, dan sebagainya.



6. Najran

Kata Najran memang tak ditemukan dalam Al Qur’an secara eksplisit . Namun kisah kota ini diabadikan dalam firman-Nya, yakni dalam Surah Al Buruj. Kisah ini sangat terkenal yakni tentang pembesar Najran yang memerintahkan pembuatan parit-parit. Api membara kemudian dinyalakan di dalam parit dan menjadi lokasi eksekusi orang-orang yang beriman. Saat ini Najran masuk wilayah Arab Saudi, di daerah perbatasan dengan Yaman.

7. Yerusalem

Sebuah artikel bertajuk “Jerusalem in the Quran” yang dipublikasikan di dalam jurnal British Journal of Middle Eastern Studies, menyatakan bahwasanya Yerusalem disebut 70 kali dalam Al Qur’an, baik secara implisit maupun eksplisit. Penyebutan Yerusalem tersebar di 21 surat. Al Qur’an menyebut Yerusalem dengan “Tanah Suci”, “Tanah yang diberkahi”, “Kota yang diberkahi.” Salah satu ayat yang menyebut Yerusalem yakni, firman Allah:

“(Musa berkata) Hai kaumku, masuklah ke tanah suci (Yerusalem) yang telah ditentukan Allah bagimu, dan janganlah kamu lari ke belakang (karena takut kepada musuh), maka kamu menjadi orang-orang yang merugi.” (QS. Al Maidah: 21).



8. Syam

Al Qur’an tidak menyebut nama Syam, namun menggambarkan kota tersebut di beberapa ayat. Allah menggambarkan Syam sebagai “negeri-negeri bahagian timur bumi dan bahagian baratnya” (QS. Al A’raf: 137). Disebut pula sebagai “tempat kediaman yang bagus” dalam Surah Yunus: 93, “Negeri yang Kami telah memberkahinya” dalam QS. Al Anbiya: 71.

Syam merupakan negeri di sebelah timur laut Mediterania. Syam saat ini merupakan wilayah beberapa negara Timur Tengah. Di antara negara yang masuk dalam wilayah Syam yakni Palestina, Yordania, Suriah, dan Lebanon.

Demikian beberapa kota yang disebut dalam Al Qur’an. Terdapat pula kota lain yang disebut secara implisit . Sebut saja Kota Sodom, Byzantium, dan lain sebagainya. Dikisahkannya kota-kota ini dalam Al Qur’an bertujukan agar menjadi pelajaran bagi umat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2786 seconds (0.1#10.140)