Hadiah Istimewa Isra Miraj, Berikut 12 Fakta Tentang Sholat

loading...
Hadiah Istimewa Isra Miraj, Berikut 12 Fakta Tentang Sholat
Sholat merupakan amalan yang Allah langsung perintahkan kepada Nabi Muhammad yang kita kenal dalam peristiwa Isra Miraj. Foto/dok SINDOnews
Peringatan Isra Miraj selalu dikaitkan dengan turunnya perintah sholat 5 waktu sehari semalam. Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم menerima perintah ini ketika melakukan Isra Mi'raj ke Sidratul Muntaha pada malam 27 Rajab.

Allah 'Azza wa Jalla dengan sifat Maha Pengasihnya memberi keringanan kepada umat Nabi Muhammad yang awalnya 50 waktu menjadi 5 waktu. Inilah salah satu kemuliaan umat Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم yang patut kita syukuri.

Baca Juga: Salat, Satu-satunya Ibadah yang Langsung Diperintah Allah kepada Nabi Muhammad

Berikut 12 fakta tentang Sholat yang dilansir dari "Belajar Islam Kaffah". Sholat merupakan amalan yang pertama kali dihisab di Hari Kiamat, semoga kita tidak menganggap sepela urusan yang satu ini.

1. Sholat Adalah Rukun Islam Kedua Setelah Syahadat.
Seorang yang masuk Islam setelah mengikrarkan Syahadat maka ia diwajibkanmelaksanakan shalat. Berikut sabda Nabi:



بُنِيَ الإِسْلامُ عَلى خَمْسٍ: شَهادَةِ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ وَإِقامِ الصَّلاةِ وَإِيتاءَ الزَّكاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

"Islam didirikan di atas lima: Bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah melainkan Allah, dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah, mendirikan sholat; menunaikan zakat; menunaikan haji ke Baitullah bila ada kemampuan; dan berpuasa Ramadan." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Sholat Adalah Tiang Agama.
Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Sholat adalah tiangnya agama." (HR. at-Tirmidz. Beliau mengatakan Hadis ini derajatnya Hasan Sahih)

Sahabat Umar bin Khattab radhiyallahu’anhu berpesan kepada gubernur-gubernur di wilayah kekuasan khilafah beliau:

إنَّ أهم أموركم عندي الصلاة فمن حفظها حفظ دينه ، ومن ضيَّعها فهو لما سواها أضيَع ، ولا حظَّ في الإسلام لمن ترك الصلاة

"Sungguh urusan terpenting yang ada pada kalian bagi saya adalah sholat. Barang siapa yang menjaga shalatnya, maka dia telah menjaga agamanya. Sesiapa yang menyepelekan sholat, maka untuk urusan lain ia akan lebih sepelekan lagi. Tak ada bagian dari Islam, untuk orang-orang yang meninggalkan salat. ” [Al Mudawwanah 1/156]

Imam Ahmad rahimahullah mengatakan: "Siapa saja yang meremehkan urusan salat, ia akan didapati menyepelekan Islamnya. Sungguh, kualitas Islam seseorang berbanding lurus dengan kualitas salatnya. Dan loyalitasnya terhadap Islam, sesuai kadar loyalnya terhadap salat." (Ta’dhzimu Qodri As Sholah hal. 22)

3. Allah Mensyariatkan Sholat kepada Rasul-Nya Tanpa Perantara.
Berbeda dengan ibadah lainnya seperti zakat, puasa, jihad, Allah mesyariatkan kebanyakkan ibadah melalui perantara Malaikat Jibril, kemudian Jibril menyampaikannya kepada Rasulullah. Adapun sholat tidak demikian. Allah langsung memanggil Rasul-Nya ke atas langit ketujuh, ke Sidratul Muntaha, dalam peristiwa yang kita kenal dengan Isra Miraj. Di malam yang paling mulia, yaitu malam Lailatul Qadar. Ini menunjukkan betapa penting dan istimewanya sholat.

4. Amalan Pertama yang Dihisab di Hari Kiamat.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, bahwa Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم bersabda:

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلَحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسَرَ فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيْضَتِهِ شَيْءٌ قَالَ الرَّبُّ تَبَارَكَ وَتَعَالَى: انَظَرُوْا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ ؟ فَيُكْمَلُ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيْضَةِ ثُمَّ يَكُوْنُ سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ ” . وَفِي رِوَايَةٍ: ” ثُمَّ الزَّكَاةُ مِثْلُ ذَلِكَ ثُمَّ تُؤْخَذُ الأَعْمَالُ حَسَبَ ذَلِكَ ”

"Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada Hari Kiamat adalah sholat. Apabila sholatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila sholatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari sholat wajibnya, Allah Tabaroka wa Taala mengatakan: "Lihatlah, apakah pada hamba tersebut memiliki amalan sholat sunnah?" Maka salat sunnah tersebut akan menyempurnakan salat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu.”

Dalam riwayat lain disebutkan: "Kemudian zakat akan (diperhitungkan) seperti itu. Kemudian amalan lainnya akan dihisab seperti itu pula." [HR. Abu Daud, Ahmad, al Hakim, dan Baihaqi. Al Hakim menilai sanad hadis ini Sahih. Dan disepakati oleh Adz Dzahabi]

5. Wasiat Nabi Sesaat Sebelum Beliau Wafat.
Dari Ummu Salamah radhiyallahu'anha, beliau mengatakan:

كان من آخر وصية رسول الله – صلى الله عليه وسلم -:”الصلاة الصلاة وما ملكت أيمانكم.
halaman ke-1
cover top ayah
قَالَا رَبَّنَا ظَلَمۡنَاۤ اَنۡفُسَنَا وَاِنۡ لَّمۡ تَغۡفِرۡ لَـنَا وَتَرۡحَمۡنَا لَـنَكُوۡنَنَّ مِنَ الۡخٰسِرِيۡنَ
Keduanya berkata, “Ya Tuhan kami, kami telah menzhalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.”

(QS. Al-A’raf:23)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!