Isra Miraj (4): Nabi Muhammad Jadi Imam Sholat Bagi Para Rasul dan Bertemu Bidadari

Kamis, 11 Maret 2021 - 08:00 WIB
loading...
A A A
"Kalian semua telah memuji Allah, dan aku pun akan memuji Allah atas karunia yang Allah khususkan kepadaku." Kemudian Nabi صلى الله عليه وسلم memulainya dengan mengucapkan: "Segala puji bagi Allah yang telah mengutusku sebagai rahmat untuk alam semesta dan menyeluruh ke seluruh manusia sebagai pemberi kabar gembira dan pemberi peringatan. Menurunkan kepadaku Al-Qur'an yang di dalamnya terdapat penjelasan tentang segala sesuatu. Menjadikan umatku sebaik-baiknya umat yang pernah ada, menjadikan umatku sebagai umat moderat dan menjadikan umatku sebagai golongan awal (yang masuk surga) dan golongan akhir (yang lahir ke muka bumi).

Segala puji bagi Allah yang telah melapangkan dadaku, menghapus dariku dosa-dosaku, meninggikan sebutanku, dan yang menjadikanku pembuka dan penutup.

Maka berkata Nabi Ibrahim 'alaihissalam: "Dengan semua ini, Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم mengungguli kalian wahai para Nabi".

Para Nabi Diskusi Tentang Hari Kiamat
Para Nabi dan Rasul saling berbicara dan berdiskusi tentang perkara hari Kiamat. Merekapun bertanya kepada Nabi Ibrahim dan beliau menjawab: "Saya tidak tahu menahu tentang waktu dan saatnya." Lalu mereka bertanya kepada Nabi Musa, beliau menjawab: "Aku tidak tahu menahu tentang waktu dan saatnya."

Mereka pun bertanya kepada Nabi Isa dan beliau menjawab: "Adapun waktu terjadinya, sungguh tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah. Dan dari apa yang telah sampai kepadaku bahwasanya ketika Dajjal keluar dan aku membawa dua bilah pedang, ketika Dajjal melihatku dia meleleh seperti melelehnya timah, dan Allah akan membinasakannya ketika ia melihatku, hingga pada saat itu bebatuan pun akan berkata: "Wahai muslim di bawahku ada seorang kafir bersembunyi maka kemarilah dan bunuhlah dia, dan Allah akan membinasakan mereka semua. Kemudian kembalilah para manusia ke tempat masing masing.

Dan pada saat itu keluarlah Ya'juj dan Ma'juj dan mereka turun berbondong-bondong dari tempat-tempat yang tinggi memasuki kota-kota. Tidaklah mereka datang ke suatu tempat kecuali mereka hancurkan dan bumi hanguskan dan mereka tidak melewati air kecuali mereka meminumnya hingga habis. Sehingga seluruh manusia mengadu kepadaku, lalu akupun berdoa kepada Allah dan Allah kemudian hancurkan mereka dan binasakan mereka semua, sampai bumi menjadi busuk karena bau bangkai busuk mereka.

Kemudian Allah pun turunkan hujan lebat yang membawa bangkai mereka sampai ke laut. Dan dari apa yang sampai kepadaku bahwa jika hal itu semua sudah terjadi maka waktu kedatangan hari Kiamat hanya tinggal seperti keluarga yang menunggu perempuan hamil tua. Tidak tau kapan mengagetkan mereka dengan kelahirannya di malam atau di siang hari."

Nabi Muhammad Bertemu Bidadari Surga
Peristiwa agung berikutnya Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم merasakan dahaga yang amat sangat. Maka Jibril pun datang dengan gelas berisi arak dan gelas berisi susu. Maka Nabi صلى الله عليه وسلم memilih susu. Jibril berkata kepadanya: "Engkau memilih Fitrah (kesucian), jikalau engkau meminum arak maka umatmu akan menyimpang dan tidak ada yang mengikutimu melainkan sedikit." Di dalam riwayat lain, gelas tersebut ada tiga, yang ketiga di dalamnya berisi air. Jibril berkata padanya: "Kalau engkau meminumnya maka umatmu akan tenggelam." Riwayat lain menyebutkan yang ketiga itu berisi madu pengganti dari air.

Kemudian Rasulullah صلى الله عليه وسلم melihat di samping kiri Shokhrahk (batu yang di atasnya sekarang dibangun Qubbah Ash Shokhrakh) para bidadari surga. Nabi memberi salam kepada mereka lalu para Biadadari Surga menjawab salamnya. Beliau menyapa mereka dan mereka menyambut sapaan Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

(Bersambung)!

Referensi:
1. Kitab An-Nur Al-Wahhaj Fi Qisshoti Al Isra wal Mi'raaj karya Al-Imam Al-'Allamah Sayyid Zainal 'Abidin bin Muhammad Al hadi bin Zainal 'Abidin Al-Barzanji.
2. Kitab Al-Anwar Al-Bahiyyah dan Kitab Wa Huwa bil Ufuq Al-A'la karya Al-Muhaddits As-Sayyid Muhammad Bin Alawi Al-Maliki.
3. Kitab Al-Isra wal-Mi'raj karya Al-Imam Asy-Syekh Muhammad Mutawalli Asy-Sya'rawi.

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)