Proses Penuaan Manusia Menurut Al-Qur'an

Kamis, 11 Maret 2021 - 19:03 WIB
loading...
Proses Penuaan Manusia Menurut Al-Quran
Mochamad Sadun Masyhur/Foto/Ist
A A A
Oleh Mochammad Sa'dun Masyhur
Holistic Healing Consulting, Expert and Inventor Medical Quran, tinggal di Bogor, Indonesia.

PENUAAN dianggap sebagai masalah besar dalam kehidupan manusia. Gejala penuaan manusia dengan sangat unik dan menakjubkan dijelaskan Alquran , dalam kisah Zakariyyaa .

Di kala Zakariyyaa mengetahui bahwa Maryam , keponakannya itu, sangat dekat dengan Tuhannya, karena diberikan rizki langsung dari surga, maka segeralah dia berdoa dengan suara yang lirih.

Allah SWT berfirman:

قَالَ رَبِّ إِنِّى وَهَنَ الْعَظْمُ مِنِّى وَاشْتَعَلَ الرَّأْسُ شَيْبًا وَلَمْ أَكُنۢ بِدُعَآئِكَ رَبِّ شَقِيًّا

"Dia (Zakariyyaa) berkata, Ya Tuhanku, sungguh tulangku telah lemah dan kepalaku telah dipenuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada-Mu, ya Tuhanku." (QS. Maryam 19: Ayat 4).

Dengan sangat saintifik (mungkin belum terungkap oleh ilmu kedokteran hari ini) bahwa kondisi kesehatan tulang dan perubahan pigmen rambut itulah sebagai petunjuk proses penuaan manusia.

Melompat pada 4 ayat berikutnya, hal itu dengan sangat jelas dan tegas dinyatakan.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

قَا لَ رَبِّ اَنّٰى يَكُوْنُ لِيْ غُلٰمٌ وَّكَا نَتِ امْرَاَ تِيْ عَا قِرًا وَّقَدْ بَلَـغْتُ مِنَ الْـكِبَرِ عِتِيًّا

"Dia (Zakariyyaa) berkata, "Ya Tuhanku, bagaimana aku akan mempunyai anak, padahal istriku seorang yang mandul dan aku (sendiri) sesungguhnya sudah mencapai usia yang sangat tua?"" (QS. Maryam 19: Ayat 8)

Atas segala keluhan Zakariyyaa itu Allah memberikan jawaban singkat, "Kadzaalika", Demikianlah, begitulah adanya.

Dari kata, kadzaalika tersebut, sesuai dengan aspek kesehatan holistik menurut Alquran, menandaskan bahwa penuaan manusia ditandai dengan kondisi tulang yang semakin melemah, dan tumbuhnya semakin banyak uban. Dalam kaitan itu dapat dijelaskan sebagai berikut:

Pertama, Penuaan terjadi karena melambat dan berhentinya pertumbuhan tulang. Dalam jangka tertentu tulang menjadi lemah. Oleh karena itu menjadi sangat penting untuk memperhatikan asupan gizi yang mengandung unsur-unsur komponen pembentukan sel tulang baru.

Kedua, Penuaan terjadi karena melemahnya kemampuan tubuh untuk memproduksi dan memberikan daya dukung dalam pembentukan tulang dan pigmen rambut, sehingga makin hari sebagian besar rambut menjadi beruban, dan kondisi tulang semakin lemah. Karena itu asupan gizi dalam pembentukan tulang dan pigmen rambut yang sehat sangat dibutuhkan, tetapi secukupnya tidak boleh berlebih-lebihan. Dalam hal ini unsur kalsium dan kalium sangat penting untuk diperhatikan.

Ketiga, Proses penuaan terjadi karena gangguan jaringan pertumbuhan tubuh,. Dalam hal ini penuaan manusia terjadi karena menurunnya daya kemampuan lambung dan terjadinya pelambatan pada bagian pungung dan tulang akibat penumpukan lemak dan nutrisi lain yang tidak dibutuhkan tubuh dan berlebih-lebihan.

Keempat, catatan penting, dalam hal penuaan, tidak selamanya berdampak negatif dan berakibat pada pelemahan seluruh potensi diri manusia.
Buktinya, penuaan yang dialami oleh Zakariyyaa, yang berarti juga berlaku bagi semua laki-laki, bahwa dalam usia penuaan berapapun, ia masih dapat memproduksi sperma yang normal, sebagai sel benih manusia yang dapat dijadikan dalam proses pembuahan.

Kesimpulannya, keberadaan kalsium, dan asupan yang mengandung kalsium serta mineral pendukung lainnya, selain sengat penting bagi pertumbuhan tubuh, juga dapat mencegah, dan atau sekurang-kurangnya dapat memperlambat penuaan. Demikian halnya lemak jahat dan nutrisi lain yang berlebihan dan tidak dibutuhkan tubuh harus dihindari, karena dapat mempercepat proses penuaan.
Semoga bermanfaat.[]
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)