Inilah Orang-Orang yang Beruntung Karena Didoakan Malaikat

Kamis, 18 Maret 2021 - 08:38 WIB
loading...
Inilah Orang-Orang yang Beruntung Karena Didoakan Malaikat
Makhluk paling suci yang diciptakan Allah adalah malaikat, karena ia ditugaskan hanya untuk taat kepada Allah Taala. Sehingga orang yang didoakan malaikat adalah orang-orang yang beruntung. Foto ilustrasi/ist
A A A
Allah Subhanahu wa ta'ala menciptakan malaikat dari cahaya atau nur , karenanya malaikat adalah makhluk yang paling suci. Maka, ketika mendapat doa yang baik dari malaikat, adalah sebuah keberuntungan tersendiri bagi seorang Mukmin.

Mengapa disebut beruntung? Karena tujuan dari penciptaan malaikat adalah khusus untuk beribadah kepada Allah Ta'ala. Berbeda dengan jin dan manusia yang sewaktu-waktu bisa tergelincir ke dalam kesalahan, malaikat sama sekali tidak tersentuh dosa ataupun maksiat.



Karena kesuciannya itulah, apa pun yang didoakan malaikat untuk seseorang, niscaya akan dijawab oleh Allah SWT. Dinukil dari berbagai sumber, ternyata ada orang-orang yang didoakan malaikat dan merekalah orang-orang yang beruntung. Siapa saja mereka, berikut di antaranya :

1.Orang yang tidur dalam keadaan berwudhu

Dalam satu hadis yang diriwayatkan Abdullah bin Umar RA dikatakan, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Siapa yang tidur dalam keadaan suci, malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Ia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa, 'Ya Allah, ampunilah hamba-Mu si fulan karena tidur dalam keadaan suci'." (HR ath-Thabrani).



2.Orang yang sedang duduk menunggu waktu sholat

"Tidaklah salah seorang di antara kalian yang duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia’." (HR. Imam Muslim)

3.Orang-orang yang berada di shaf barisan depan saat sholat berjamaah

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orang-orang) yang berada pada shaf-shaf terdepan." (HR. Imam Abu Dawud)

4.Orang yang menyambung shaf sholat berjamaah (tidak membiarkan kosong di dalam shaf)

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat selalu berselawat kepada orang-orang yang menyambung shaf-shaf." (HR. imam Ibnu Majah)



5.Orang yang mengucapkan 'aamiin' setelah Imam membacakan surat Al-Fatihah

“Jika seorang Imam membaca ‘ghairil maghdhuubi ‘alaihim waladh dhaalinn’, maka ucapkanlah oleh kalian ‘aamiin’, karena barangsiapa ucapannya itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosanya yang masa lalu.” (HR. Imam Bukhari dari Abu Hurairah)

6.Orang yang duduk di tempat sholatnya setelah melakukan sholat

"Para malaikat akan selalu berselawat (berdoa) kepada salah satu diantara kalian selama ia ada di dalam tempat shalat dimana ia melakukan sholat, selama ia belum batal wudhunya,(para malaikat) berkata, ‘Ya Allah ampunilah dan sayangilah ia’." (HR. Imam Ahmad)



7.Orang-orang yang melakukan sholat shubuh dan ashar secara berjamaah
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3067 seconds (0.1#10.140)