Anjuran Sholat Sunnah Setelah Sholat Jumat

loading...
Anjuran Sholat Sunnah Setelah Sholat Jumat
Rasulullah SAW menganjurkan agar umatnya mendirikan sholat sunnah setelah sholat Jumat. Foto/Ist
Sholat Jumat merupakan ibadah yang diwajibkan bagi setiap muslim. Dalam satu riwayat, siapa yang meninggalkan sholat Jumat dengan meremehkannya selama tiga kali berturut, maka hatinya ditutup sehingga menyebabkan terhalangnya hidayah dan rahmat Allah.

Perintah Sholat Jumat ini tercantum dalam Al-Qur'an, Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS Al-Jumu'ah: Ayat 9)

Di ayat berikutnya, Allah berfirman: "Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung." (Al-Jumu'ah: Ayat 10)

Baca Juga: Salat Jumat Dapat Menghapus Dosa di Antara Dua Jumat, Berikut Amalannya

Bagi yang sudah menunaikan sholat Jumat dianjurkan untuk tidak langsung berkativitas. Rasulullah صلى الله عليه وسلم menganjurkan agar umatnya mendirikan sholat sunnah setelah sholat Jumat.

Berikut haditsnya:

من كان مصليا بعد الجمعة فليصل أربعا

"Barang siapa yang sholat setelah sholat Jum'at, maka sholatlah empat rakaat." (HR Muslim No. 881)
halaman ke-1
cover top ayah
لَا يَنۡهٰٮكُمُ اللّٰهُ عَنِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يُقَاتِلُوۡكُمۡ فِى الدِّيۡنِ وَلَمۡ يُخۡرِجُوۡكُمۡ مِّنۡ دِيَارِكُمۡ اَنۡ تَبَرُّوۡهُمۡ وَ تُقۡسِطُوۡۤا اِلَيۡهِمۡ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الۡمُقۡسِطِيۡنَ‏
Allah tidak melarang kamu berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu dalam urusan agama dan tidak mengusir kamu dari kampung halamanmu. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil.

(QS. Al-Mumtahanah:8)
cover bottom ayah
preload video