Salat Jumat Dapat Menghapus Dosa di Antara Dua Jumat, Berikut Amalannya

Jum'at, 05 Februari 2021 - 05:00 WIB
loading...
Salat Jumat Dapat Menghapus Dosa di Antara Dua Jumat, Berikut Amalannya
Suasana salat Jumat di Masjid Istiqlal Jakarta beberapa waktu lalu. Salah satu keutamaan salat Jumat dapat menghapus dosa di antara dua Jumat apabila disertai dengan sunnah-sunnahnya. Foto/dok SINDO
A A A
Jumat adalah hari paling utama yang dijuluki Sayyidul Ayyam (rajanya hari). Saking mulianya Hari Jumat, Allah Ta'ala menjadikannya sebagai salah satu nama surah dalam Al-Qur'an yaitu Surah Al-Jumu'ah (surah ke-62 terdiri atas 11 ayat).

Di Hari Jumat, ada satu amalan yang wajib ditunaikan oleh muslim yang sudah baligh yaitu Salat Jumat . Salat ini sebagai pengganti salat Zhuhur dikerjakan dua di masjid jamik. Allah Ta'ala berfirman:"Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS Al-Jumu'ah Ayat 9)



Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, dari Hafshah istri Nabi, Rasulullah bersabda: " Salat Jumat wajib atas setiap laki-laki baligh." (HR An-Nasai' dengan sanad shahih)

Sunnah-sunnah di Hari Jumat

1. Mandi Sebelum Berangkat Salat Jumat
Waktunya mulai masuknya Fajar Jumat dan sebaiknya sebelum masuk waktu salat Jumat.

عَنْ ابْنِ عُمَر رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا ، أن رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ : مَنْ جَاءَ مِنْكُمُ الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ (الشيخان)

Dari Ibnu Umar, sesungguhnya beliau bersabda: "Siapa yang datang kepadanya hari Jumat, maka madilah." (HR Al-Bukhari Muslim)

2. Memakai Siwak, Memotong Kuku, Memakai Minyak Wangi dan Pakaian Terbaik

عَنْ أَبِي سَعِيْدٍ و أَبِي هرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنِ اغْتَسَلَ يَوْمَ الجُمُعَةِ وَاسْتَاكَ وَمَسَّ مِنْ طِيبٍ إِنْ كانَ عِنْدَهُ وَلَبِسَ مِنْ أَحْسَنِ ثِيَابِهِ ثُمَّ خَرَجَ حَتَّى يَأْتِيَ المَسْجِدَ وَلَمْ يَتَخَطَّ رِقَابَ النَّاسِ ثُمَّ رَكَعَ مَا شَاءَ الله أَنْ يَرْكَعَ ثُمَّ أَنْصَتَ إِذَا خَرَجَ الإِمَامُ فَلَمْ يَتَكَلَّمْ حَتَّى يَفْرُغَ مِنْ صَلاَتِهِ كانَتْ كَفَّارَةً لِمَا بَيْنَهَا وَبَيْنَ الجُمُعَةِ الأُخْرَى (أبو داود و أحمد بأسانيد صحيحة)

"Dari Abu Said dan Abu Hurairah: "Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat, memakai siwak, memakai minyak wangi jika dia memilikinya, memakai pakaian terbaik kemudian mendatangi masjid sementara dia tidak melangkahi pundak-pundak orang lain sehingga dia ruku' (salat) sekehendaknya. Kemudian diam mendengarkan khutbah hingga selesai salatnya maka hal itu sebagai penghapus dosa-dosa yang terjadi antara Jumat dengan Jumat sebelumnya. (HR Abu Dawud dan Ahmad)

3. Bersegera Menuju Masjid
Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

عَنْ أَبِي هرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ حَضَرَتْ الْمَلَائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ (الشيخان)

"Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat yang sama seperti mandi janabah kemudian bersegera ke masjid maka dirinya seakan telah berkurban dengan seekor unta yang gemuk. Dan barangsiapa yang pergi pada masa kedua maka dia seakan berkurban dengan seekor sapi. Dan barangsiapa yang pergi ke mesjid pada saat yang ketiga maka dia seakan telah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Dan barangsiapa yang pergi ke masjid pada saat yang keempat maka dia seakan telah berkurban dengan seekor ayam. Dan barangsiapa yang pergi ke mesjid pada saat yang kelima, maka dia seakan telah berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam telah datang maka para Malaikat hadir mendengarkan zikir (khutbah)." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

4. Berjalan Kaki ke Masjid
Apbila tidak ada uzur, seorang muslim dianjurkan berjalan kaki ke masjid dengan tenang (tidak terburu-buru). Hal ini sesuai dengan hadis Nabi:

لِمَا صَحَّ أَنَّ النَبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إذَا أَتَيْتُمُ الصَّلاةَ فَأْتُوهَا وَأَنْتُمْ تَمْشُونَ وَعَلَيْكُمُ السَّكِينَةُ فَمَا أَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوا وَمَا فَاتَكُمْ فَاقْضُوا (الشيخان)

Rasulullah bersabda: "Jika kamu pergi untuk shalat maka pergilah dengan berjalan kaki dengan tenang. Apa yang kamu dapatkan (dari rakaat shalat) maka laksanakanlah dan apa yang tertinggal (dari rakaat) ulangilah." (HR Al-Bukhari, Muslim)

Dianjurkan tidak menggunakan kendaraan saat menuju masjid, sesuai hadis Nabi berikut:

عَنْ أَوْسُ بْنُ أَوْسٍ الثَّقَفِيُّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: مَنْ غَسَّلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَاغْتَسَلَ ثُمَّ بَكَّرَ وَابْتَكَرَ وَمَشَى وَلَمْ يَرْكَبْ وَدَنَا مِنْ الْإِمَامِ فَاسْتَمَعَ وَلَمْ يَلْغُ كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ عَمَلُ سَنَةٍ أَجْرُ صِيَامِهَا وَقِيَامِهَا (رواه النسائي، الترمذي ، ابو داود)

Dari Aus bin Aus At-tsaqafi, ia mendengar Rasulullah bersabda: "Barangsiapa membasuh dan mandi pada hari Jumat, lalu bersegera pergi (menuju masjid) dengan berjalan kaki tanpa berkendaraan, mendekat kepada imam, diam dan tidak berkata-kata sia-sia: maka baginya pada setiap langkahnya itu pahala amal setahun, (yaitu) puasa dan shalatnya." (HR An-Nasai', At-Tirmidzi, Abu Daud)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3103 seconds (0.1#10.140)