5 Amalan Agar Selalu Berhusnudzon

Selasa, 30 Maret 2021 - 08:40 WIB
loading...
5 Amalan Agar Selalu Berhusnudzon
Terhubung dengan Al-Quran sebagai kitabnya Allah Taala, adalah cara terbaik agar kita selalu berpikir positif atau berhusnudzon. Foto ilustrasi/ Freepik
A A A
Sebagai seorang muslim, kita dianjurkan untuk selalu berpikir positif atau husnudzon terhadap segala hal. Kita harus selalu berpikir baik, terutama tentang Allah dan mengakui bahwa meskipun kita mungkin menginginkan sesuatu dengan cara tertentu , Allah tahu yang terbaik untuk kita.



Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Betapa menakjubkannya kasus orang beriman; ada kebaikan untuknya dalam segala hal, dan karakteristik ini khusus untuk dia sendiri. Jika dia mengalami sesuatu yang menyenangkan, dia bersyukur, dan itu baik untuknya; dan jika dia menemukan beberapa perbedaan , dia sabar, dan itu bagus untuknya.” (HR Muslim)

Nah muslimah, agar kita selalu memiliki pikiran positif (husnudzon), ada beberapa tips yang bisa kita amalkan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips agar selalu berpikir positif:



1. Luangkan waktu untuk selalu mengingat Allah

Tidak peduli apa yang terjadi dalam hidup, melalui saat-saat baik dan buruk selalu berusaha untuk mengingat Tuhanmu. Salah satu kebajikan terpenting seorang Muslim adalah mengingat Allah setiap saat. Di masa-masa sulit dan menantang, hal terbaik dan paling bijaksana yang bisa kita lakukan adalah mengingat Allah.

2. Mencari hal-hal positif dalam segala hal

Kadang-kadang kita mungkin merasa sedih dan tidak bahagia dan hal-hal mungkin terasa tak tertahankan, tetapi kita harus ingat bahwa ini adalah tipu muslihat setan. Kita harus menyadari bahwa setiap situasi memiliki pro dan kontra dan akan selalu ada cahaya di ujung terowongan.



Cobalah untuk melakukan yang terbaik untuk melihat sisi positif dari suatu hal dan jauhkan dari terpaku pada hal negatif. Kita harus mencari hal-hal positif dalam segala hal karena ini akan membuat kita lebih bahagia dan puas dengan hidup.

3.Bersabarlah dan tunjukkan rasa syukur

Sebagai Muslim kita harus mensyukuri segala sesuatu yang Allah limpahkan. Memiliki kesehatan yang baik, keluarga yang baik, memiliki kehidupan yang baik, dan lain-lainnya harus kita syukuri.

“Lihatlah orang-orang di bawahmu (kurang beruntung darimu), dan jangan lihat mereka yang di atasmu, karena ini lebih baik.” (HR. Muslim)



Kita harus mengajar diri kita sendiri untuk selalu sabar dalam segala keadaan terlepas dari seberapa buruk beberapa ujian yang mungkin terjadi karena kita harus berani dalam menghadapi kesulitan. Bersabar adalah unsur dari semua orang sukses.

4. Pantang menyerah

Salah satu kualitas terpenting dari seorang beriman adalah tidak pernah menyerah dan menunjukkan ketangguhan. Kita harus menunjukkan keberanian, menunjukkan kesabaran dan memiliki iman dan kepercayaan kepada Allah. Sudah pasti bahwa kita akan menghadapi kesulitan di setiap langkah dan sudut kehidupan dan inilah mengapa kita harus kuat dengan menjaga agar kepala tetap tegak. Iman adalah sesuatu yang akan berfluktuasi dan inilah mengapa kita perlu terus berusaha dengan iman.



5.Selalu terhubung dengan Al-Qur'an

Zikir secara teratur kepada Allah adalah obat yang baik untuk memberi kita kekuatan untuk melanjutkan sikap positif dalam hidup. Selanjutnya berusaha untuk membangun dan memelihara hubungan yang kuat dengan kitab Allah, Al Qur'an. Al Qur'an adalah panduan yang di dalamnya ada obatnya. Kita akan melihat hasil positif yang luar biasa jika melakukannya!



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4364 seconds (0.1#10.140)